DetikSepakbola
Selasa 14 Agustus 2018, 15:55 WIB

Aturan Baru Piala Liga Inggris: Imbang Langsung Adu Penalti

Redzi Arya Pratama - detikSport
Aturan Baru Piala Liga Inggris: Imbang Langsung Adu Penalti Manchester City juara bertahan Piala Liga Inggris (Catherine Ivill/Getty Images)
Jakarta - Piala Liga Inggris atau Carabao Cup punya aturan baru. Kecuali final, tidak akan ada lagi perpanjangan waktu. Laga akan langsung masuk adu penalti setelah sama kuat 90 menit.

Sebelumnya Piala Liga Inggris selalu dilanjutkan dengan perpanjangan waktu setiap kedua tim bermain imbang selama 90 menit. Itu tak akan terjadi lagi di musim ini.

Mempertimbangkan faktor kelelahan yang dialami pemain dan supaya tiap tim menurunkan pemain terbaiknya, akhirnya diputuskan menghilangkan babak perpanjangan waktu dan juga pertandingan replay.



"Menghapus tambahan waktu 30 menit secara langsung akan mengatasi masalah kelelahan yang terkadang terjadi pada laga tengah pekan yang berjalan lebih dari 90 menit," ungkap pihak EFL dilansir Express.

Penalti pun akan dilakukan dengan sistem lama yakni ABAB (atau bergantian), bukan sistem modifikasi baru yang sebelumnya sempat disetujui yakni ABBA.

Tak hanya itu, aturan baru lain adalah kartu kuning yang didapati di Piala Liga Inggris, hanya akan berpengaruh pada laga lain di turnamen yang sama. Tak akan lagi ada pengaruh suspensi ke Liga Inggris karena hal ini.



VAR pun akan mulai diaktifkan sepanjang turnamen. Setelah pada tahun lalu, aturan ini baru aktif pada laga semifinal dan final saja.

Namun begitu, babak perpanjangan waktu akan tetap diberlakukan di laga final.


Simak Juga 'Detik-detik Trofi Liga Inggris Milik City Terjatuh':

[Gambas:Video 20detik]


(din/raw)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed