DetikSepakbola
Selasa 21 Agustus 2018, 12:02 WIB

Van Dijk Punya Materi untuk Jadi Bek Legendaris Liverpool

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Van Dijk Punya Materi untuk Jadi Bek Legendaris Liverpool Virgil van Dijk (kanan) dinilai punya materi untuk jadi legenda Liverpool. (Foto: Mike Hewitt/Getty Images)
Jakarta - Penampilan Virgil van Dijk sejak bergabung bersama Liverpool dinilai amat memuaskan. Mantan bek Liverpool Jamie Carragher menyebutnya berpotensi jadi legenda.

Van Dijk kembali diandalkan di lini belakang Liverpool saat bertandang ke Crystal Palace, Selasa (21/8/2018) dinihari WIB tadi. Dia membantu 'Si Merah' memetik kemenangan 2-0 sekaligus memastikan tim masih melaju sempurna dalam dua pekan pertama.

Dalam laga ini Sky Sports mencatat Van Dijk memenangi 16 duel udara, delapan aksi sapuan, dan melakukan 73 umpan sukses dari 79 percobaan. Hasil tanpa kebobolan yang dipetik Liverpool juga berarti bahwa mereka sudah membukukan sembilan clean sheet dari 16 penampilan Van Dijk.




Pemain legendari Liverpool Jamie Carragher menyebut Van Dijk kini merupakan bek terbaik di Premier League, menggantikan Vincent Kompany milik Manchester City. Van Dijk tak cuma punya kualitas teknik yang dibutuhkan sebagai seorang bek, namun juga kepemimpinan dan aura.

"Saya sejak awal tahu Van Dijk pemain yang bagus, tapi dia lebih baik dari apa yang saya dulu pikirkan. Kita sudah selalu bilang Liverpool tak bisa memenangi Premier League karena pertahanan mereka. Tapi sekarang mereka punya Van Dijk, yang saya rasa bek terbaik di Premier League," ungkap Carragher dikutip Sky Sports.

"Saya tak bisa memikirkan bek yang lebih baik. Dia adalah orang yang pas untuk mencapai posisi yang sudah ditempati Vincent Kompany selama empat musim terakhir sebagai pemimpin dan raksasa."




"Mereka pemain yang sangat mirip, tidak ada yang kurang dari mereka. Ketika Kompany di level terbaiknya tiga tahun lalu, saya merasa tak ada bek tengah yang lebih baik dari dia," tambahnya.

Dengan kualitasnya saat ini, Van Dijk dijagokan Carragher jadi legenda Liverpool di masa depan. Namun demikian dia masih perlu memenangi hal-hal besar bersama klub.

Carragher menilai bek internasional Belanda itu punya potensi untuk menyejajarkan diri dengan Alan Hansen. Hansen yang tampil 434 kali bersama Liverpool mengantarkan tim memenangi delapan titel liga, dua trofi Piala FA, empat gelar Piala Liga Inggris, dan tiga trofi Piala Champions (Liga Champions).




"Selama tiga atau empat tahun ke depan, kalau Liverpool bisa memenangi liga atau Liga Champions, saya rasa Van Dijk punya potensi untuk benar-benar setara dengan Alan Hansen, kalau kita bisa soal tim terbaik Liverpool sepanjang masa," sambung Carragher.

"Sedemikian bagusnya dia sekarang dan sejauh itu dia bisa lebih baik lagi. Kalau Liverpool di bawah Klopp memenangi sesuatu yang besar, dan Van Dijk ada di tengahnya, dia harus kecewa kalau dia tak sejajar Hansen ketika orang-orang bicara soal bek tengah terbaik Liverpool," tandasnya.


(raw/din)

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed