Hasil Liga Inggris: Arsenal Kalah 2-3 dari Southampton

Randy Prasatya - Sepakbola
Minggu, 16 Des 2018 22:38 WIB
Arsenal kalah dari southampton. (Foto: Clive Rose/Getty Images)
Southampton - Arsenal gagal membawa pulang poin dari markas Southampton. Meriam London tunduk 2-3 setelah dua kali sempat mengimbangi lawan.

Pertemuan kedua tim berlangsung di St. Mary's Stadium, Minggu (16/12/2018) malam WIB. Danny Ings membawa Soton dua kali unggul atas Arsenal, sebelum dua kali pula diimbangi oleh Henrikh Mkhitaryan.

Gol kemenangan Soton datang di lima menit akhir waktu normal. Adalah Charlie Austin, yang merobek jala gawang Arsenal dengan sundulannya.

Kemenangan 3-2 ini menghentikan catatan buruk Soton di 10 pertandingan terakhir mereka di semua ajang. Di saat bersamaan, hasil ini menghentikan catatan 22 laga beruntun tak terkalahkan milik Arsenal di semua ajang.

Soton untuk sementara keluar dari zona degradasi dan bercokol di posisi ke-17 dengan 12 poin. Arsenal duduk di posisi kelima dengan 34 poin.

Jalannya Pertandingan

Peluang emas didapat Arsenal pada menit keenam lewat Pierre-Emerick Aubameyang, namun tembakannya dari jarak dekat masih bisa ditepis kiper Alex McCarthy.

Tempo permainan berjalan lambat di 10 menit awal. Arsenal lebih banyak mendikte lawan, sementara Southampton lebih memilih main menunggu di wilayah sendiri.

Kesabaran Soton membuahkan hasil di menit ke-20. Bola umpan silang Matt Targett mengarah tepat ke Danny Ings, yang langsung disambar lewat sundulan.

Arsenal butuh delapan menit untuk mengubah skor menjadi 1-1. Nacho Monreal melepas umpan silang dari sisi kiri, bola mengarah ke Henrikh Mkhitaryan yang langsung disambar lewat sundulan.

Arsenal semakin berbahaya dan mereka seolah mendapatkan momentum dengan gol penyeimbang tersebut. Sebuah ancaman datang dari Lucas Torreira di menit ke-30, yang melepaskan umpan ke arah Aubameyang, namun bola berhasil dipotong lawan.

Permainan Soton mulai meningkat di lima menit akhir babak pertama. Meski belum ada peluang yang cukup berarti, setidaknya Arsenal dibikin bertahan lebih dalam.

Kerja keras Soton membuahkan hasil di menit ke-44. Ings melesakkan gol keduanya dengan cara yang tak jauh beda. Kali ini dia menuntaskan bola hasil umpan silang dari Nathan Redmond. Soton menutu babak pertama dengan keunggulan 2-1.

Arsenal menggedor di awal babak kedua. Aubameyang lepas dari jebakan offside saat menerima umpan Mkhitaryan. Meski telah berhadapan satu lawan satu, McCarthy gagal ditaklukkan. Bola yang tetap mengarah ke gawang akhirnya disapu oleh Jannik Vestergaard.


Meriam London berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 di menit ke-54. Alexandre Lacazette memberikan umpan kepada Mkhitaryan, yang ada di depan kotak penalti. Pria asal Armenia itu langsung melepaskan tembakan mendatar, bola mengenai kaki lawan yang membuat McCarthy terkecoh.

Pertandingan berjalan sengit setelah skor kembali berimbang. Soton dan Arsenal saling bergantian melakukan serangan, namun tak ada peluang yang benar-benar membahayakan.

Soton sempat berhasil melesakkan gol ketiga di menit ke-75. Berawal dari kemelut dari sepak pojok, Shane Long melesakkan gol dari jarak dekat. Gol itu pada akhirnya dianulir wasit setelah hakim garis menilai Long lebih dulu dalam posisi offside.

Charlie Austin membuat Bernd Leno memungut bola dari jala gawang untuk ketiga kalinya. Austin melesakkan gol lewat sundulan di menit ke-85.

Arsenal berusaha bangkit dari ketertinggalan. Serangan bertubi-tubi mereka lancarkan, namun kerap patah sebelum masuk ke kotak penalti soton.

Tak ada gol tambahan hingga laga tuntas. Soton menang dengan skor 3-2.

Susunan Pemain:

Southampton: McCarthy; Valery, Bednarek, Vestergaard, Yoshida, Targett; Hojbjerg, Oriol Romeu, Armstrong, Redmond (Long 64'); Ings (Austin 71').

Arsenal: Leno; Bellerin (Lacazette 46'), Lichtsteiner (Maitland-Niles 74'), Koscielny, Monreal; Torreira, Guendouzi, Xhaka; Iwobi (Oezil 70'), Aubameyang, Mkhitaryan.


(ran/mrp)