sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 14 Jan 2019 22:56 WIB

Si Gila yang Membuat Guardiola Menggilai Leeds United

Putra Rusdi Kurniawan - detikSport
Pep Guardiola berharap bisa menghadapi Marcelo Bielsa di Premier League musim depan. (Foto: REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo) Pep Guardiola berharap bisa menghadapi Marcelo Bielsa di Premier League musim depan. (Foto: REUTERS/Pascal Rossignol/File Photo)
Jakarta - Pep Guardiola mengaku menggemari Leeds United karena keberadaan Marcelo Bielsa. Ia berharap The Peacock bisa promosi ke Premier League musim depan.

Leeds United menjelma menjadi tim yang menghibur sejak kedatangan Bielsa di awal musim ini. Pelatih asal Argentina ini langsung sukses menerapkan filosofi menyerangnya di klub asal Yorkshire ini, setidaknya sejauh ini.




Dicatat Whoscored, Leeds adalah tim yang selalu ingin tampil dominan di pertandingan, dengan rata-rata penguasaan bola 59,5% per laga. Mereka punya kurasi umpan 79,2%, tertinggi ketiga di Championship.

Dominasi itu juga mampu disalurkan menjadi ancaman-ancaman untuk lawan. Leeds punya rata-rata tembakan per laga tertinggi yakni 15,8 di liga.

Dengan filosofi Bielsa, Leeds saat ini memuncaki Championship dengan 54 poin dari 27 pekan. Mereka empat poin dari Sheffield United di posisi dua.

Padahal di musim lalu kala Bielsa belum merapat, Leeds terseok-seok di kompetisi level dua Liga Inggris tersebut. Mereka mengakhiri musim di urutan ke-13.




Sentuhan pria berjuluk Si Gila tersebut di Leeds tak luput dari pantauan Manajer Manchester City Pep Guardiola. Filosofi permainan Guardiola sendiri memang tak lepas dari pengaruh manajer asal Argentina tersebut.

Dia berharap bisa berhadapan dengan Leeds-nya Bielsa di Premier League musim depan.

"Kami (manajer di klub-klub besar) menang karena kami berada di klub-klub top dengan para pemain bintang. Tetapi setiap pemain yang bekerja dengan Bielsa menjadi pemain yang lebih baik dan tim-tim tersebut juga jadi lebih baik," ujarnya kepada Manchester Evening News.

"Itu sebabnya ia adalah manajer spesial dan orang yang spesial. Saya adalah pendukung Leeds dan semoga musim depan mereka bisa berada di Premier League, itu akan bagus untuk Liga Premier.




"Saya mengaguminya, karena pernah melatih Argentina dan berada di klub-klub besar, dan dia punya kerendahan hati untuk melatih di Championship ke tim bersejarah seperti Leeds, mencoba membawa mereka kembali ke Premier League. Saya mengharapkan yang terbaik untuknya," tandas Guardiola dilansir HiTC. (raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com