sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 25 Jan 2019 04:57 WIB

Hasil Piala Liga Inggris: Menang Adu Penalti atas Tottenham, Chelsea ke Final

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Chelsea ke final Piala Liga Inggris. (Foto: Christopher Lee/Getty Images) Chelsea ke final Piala Liga Inggris. (Foto: Christopher Lee/Getty Images)
Jakarta - Chelsea menjejak final Piala Liga Inggris. The Blues menaklukkan rival sekotanya, Tottenham Hotspur, 4-2 lewat adu penalti.

Chelsea menjamu Tottenham di Stamford Bridge, Jumat (25/1/2019) dinihari WIB, dalam posisi tertinggal 0-1 dari pertemuan pertama. Tuan rumah lantas bangkit dengan dua gol di babak pertama, lewat N'Golo Kante dan Eden Hazard.

Tapi Tottenham tak menyerah begitu saja. Fernando Llorente berhasil membuat agregat kembali sama kuat lewat golnya di menit ke-50. Skor 2-1 bertahan sampai 90 menit berakhir.

Hasil ini membuat pemenang mesti ditentukan lewat adu penalti, karena tak ada aturan gol tandang dan babak tambahan. Chelsea lolos setelah empat penendangnya sukses menyarangkan gol ke gawang, sementara dua penendang terakhir Tottenham gagal.

Di final, Chelsea akan menantang Manchester City pada 24 Februari mendatang.




Jalannya Pertandingan

Selepas kick-off , Tottenham berupaya menguasai permainan. Namun Chelsea yang lebih dulu memberikan peringatan, saat aksi Pedro Rodriguez diakhiri tembakan namun diblok Jan Vertonghen di menit kelima.

Berselang 10 menit, Olivier Giroud menyambut umpan silang dari bola mati dengan sepakan akrobatik. Bola cuma mengarah ke Ross Barkley yang meneruskan bola ke Antonio Ruediger. Tembakan Ruediger melebar.

Chelsea memetik keunggulan di menit ke-27. Tottenham gagal menyapu bola sepak pojok Chelsea dengan sempurna, sehingga jatuh ke arah N'Golo Kante di depan kotak penalti. Kante menyambarnya dengan sepakan keras mendatar, meluncur melewati dua kaki Moussa Sissoko dan Paulo Gazzaniga.

Tottenham kesulitan membangun serangan, apalagi menciptakan peluang. Sementara serangan-serangan cepat Chelsea merepotkan tim tamu.

Tuan rumah menggandakan keungguan di menit ke-38. Umpan Cesar Azpilicueta dari kanan disambar Eden Hazard di tengah kotak penalti. Bola meluncur ke pojok kiri tanpa bisa dihentikan Gazzaniga. Babak pertama berakhir 2-0 untuk keunggulan Chelsea.

Tottenham memulai babak kedua dengan inisiatif lebih. Baru empat menit babak kedua berjalan, mereka sudah mencetak gol balasan. Umpan silang Danny Rose ditanduk Fernando Llorente yang berdiri di antara dua pemain Chelsea.




Chelsea berusaha langsung merespons di menit ke-58. Kante merangsek dari tengah dan melepaskan umpan ke Hazard di kiri. Sepakan Hazard masih melenceng.

Tottenham mendapatkan peluang di menit ke-66 kala umpan Christian Eriksen mengarah ke Llorente, namun si penyerang gagal melakukan kontak. Chelsea balasa mengancam melalui Pedro, yang tembakannya masih bisa diamankan Gazzaniga.

Sebuah umpan panjang dari Gazzaniga jatuh ke jangkauan Lucas Moura di menit ke-70. Lucas dalam posisi bebas menghadapi gawang, hanya saja tembakan melebar. Empat menit kemudian, tembakan Hazard untuk Chelsea juga masih menyamping.

Chelsea mengontrol pertandingan di sisa waktu. Sebuah kesempatan didapatkan Giroud di masa injury time, saat umpan silang Emerson mengarah kepadanya di depan gawang. Giroud gagal menanduk bola.

Karena gol tandang dan babak tambahan tak berlaku, laga pada akhirnya ditentukan lewat adu penalti. Setelah dua penendang pertama berhasil, Tottenham gagal di eksekusi Eric Dier dan Lucas.

Sementara empat eksekutor Chelsea berhasil, yakni Willian, Azpilicueta, Jorginho, dan David Luiz. Chelsea pun lolos ke final dengan kemenangan adu penalti 4-2.

Adu Penalti

Tottenham
Eriksen - Gol
Lamela - Gol
Dier - Gagal (melambung)
Lucas - Gagal (ditepis)

Chelsea
Willian - Gol
Azpilicueta - Gol
Jorginho - Gol
David Luiz - Gol




Susunan pemain:

Chelsea: Kepa Arrizabalaga; Cesar Azpilicueta, David Luiz, Antonio Rudiger, Emerson; Jorginho, N'Golo Kante, Ross Barkley (Mateo Kovacic 81'); Pedro (Willian 76'), Eden Hazard, Olivier Giroud

Tottenham: Paulo Gazzaniga; Serge Aurier, Toby Alderweireld, Jan Vertonghen, Ben Davies (Danny Rose 33); Eric Dier, Harry Winks; Moussa Sissoko (Davinson Sanchez 80'), Christian Eriksen, Erik Lamela; Fernando Llorente (Lucas Moura 68') (raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed