sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 02 Mar 2019 21:30 WIB

Hasil Liga Inggris: Tottenham Vs Arsenal Imbang 1-1

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Tottenham Hotspur bermain imbang 1-1 dengan Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris. (Foto: David Klein / Reuters) Tottenham Hotspur bermain imbang 1-1 dengan Arsenal dalam lanjutan Liga Inggris. (Foto: David Klein / Reuters)
London - Derby London Utara di markas Tottenham Hotspur berakhir tanpa pemenang. Tottenham comeback dari ketinggalan untuk mengimbangi Arsenal dengan skor akhir 1-1.

Tottenham menjamu Arsenal untuk memainkan laga Liga Inggris pekan ke-29, Sabtu (2/3/2019) malam WIB. Arsenal berhasil mengungguli Tottenham lebih dahulu di babak pertama berkat gol Aaron Ramsey.

Spurs kemudian menciptakan gol balasan di babak kedua melalui penalti Harry Kane. Arsenal melewatkan peluang mencetak gol tambahan dari titik putih setelah eksekusi Pierre-Emerick Aubameyang diselamatkan Hugo Lloris.

Pertandingan turut diwarnai kartu merah yang terjadi di menit akhir injury time. Gelandang Arsenal Lucas Torreira diusir dari permainan karena melakukan pelanggaran keras terhadap Danny Rose.

Hasil imbang ini berpotensi kian memanaskan persaingan finis di zona Liga Champions. Tottenham masih di peringkat ketiga dengan mengumpulkan 61 poin, unggul empat poin dari Arsenal di bawahnya.

Situasi ini akan menjadi peluang bagi Manchester United (55 poin) untuk kembali ke empat besar, jika mampu mengalahkan Southampton, dalam pertandingan yang akan berlangsung beberapa sesaat lagi.



Jalannya Pertandingan

Arsenal melakukan pressing tinggi di menit-menit awal. Kombinasi Aaron Ramsey-Alexandre Lacazette nyaris membuat lini pertahanan Tottenham membuat kesalahan.

Di menit ketiga, Arsenal melewatkan peluang emas. Alex Iwobi menusuk dari sisi kiri untuk mengirim umpan siang ke kotak penalti Tottenham. Bola yang mengenai Victor Wanyama bergulir ke jalur Lacazette yang tinggal berhadapan dengan Hugo Lloris, tapi karena kontrolnya kurang bagus bola sepakannya pun melambung.

Tampil lebih dominan, Arsenal akhirnya membuka keunggulan dengan di menit ke-16. Ramsey menjebol gawang Tottenham untuk mengubah skor menjadi 1-0.

Dari serangan balik, umpan terobosan Lacazette membebaskan Ramsey di depan. Gelandang Wales itu mengitari Lloris sebelum menceploskan bola ke sudut bawah gawang.

Delapan menit berselang, Harry Kane menciptakan gol balasan dari sundulan hasil tendangan bebas. Namun, gol tidak sah karena Kane dalam posisi offside.


Tottenham mulai keluar dari tekanan sehingga menguji Arsenal. Kane menggiring bola melewati beberapa pemain Arsenal untuk bekerja sama dengan Christian Eriksen. Kieran Trippier menerima bola kemudian mengirim operan kepada Son Heung-min yang meliuk-liuk melewati tiga pemain tapi lantas kehilangan momentum.

Setelah laga berjalan setengah jam, Tottenham kembali merepotkan Arsenal. Danny Rose mengirim umpan mendatar kepada Eriksen untuk diteruskan dengan sepakan yang masih melenceng.

Di tengah agresi Spurs, Arsenal menciptakan ancaman di lima menit terakhir. Kembali dari serangan balik, Iwobi melepaskan tembakan melengkung yang ditangkis Lloris.

Penyelamatan gemilang Bernd Leno di menit ke-44. Leno menepis sepakan jarak dekat Eriksen, bola rebound diteruskan Sissoko dengan sepakan keras yang kembali mentah di tangannya.

Babak pertama berakhir. Skor 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Arsenal membuang peluang emas untuk menciptakan gol tambahan. Di menit ke-53, tembakan Lacazette dari posisi bagus di kotak penalti melenceng, usai menerima umpan Nacho Monreal.

Dua menit kemudian, Tottenham merespons. Diawali dari tendangan bebas Eriksen, bola diterima Toby Alderweireld di tiang jauh yang disambut dengan tembakan voli. Namun, bola cuma bersarang di sisi luar jala gawang Arsenal.

Sampai melewati sejam waktu pertandingan, Tottenham mendominasi penguasaan bola. Namun, tim besutan Maurico Pochettino itu kesulitan menciptakan peluang bersih.

Wasit menunjuk titik putih di kotak penalti Arsenal. Tottenham dihadiahi tendangan 12 pas usai pelanggaran Koscielny terhadap Kane dalam situasi tendangan bebas.

Kane maju sebagai eksekutor dan melesakkan tendangan mendatar untuk mengirim Leno ke arah yang salah. Kedudukan menjadi seimbang 1-1 di menit ke-74.

Pasca mencetak gol balasan, Spurs terus menggempur Arsenal yang tampak kelelahan usai berusaha keras mempertahankan keunggulannya.

Semenit terakhir waktu normal, Davinson Sanchez menjatuhkan Pierre-Emerick Aubameyang usai menerima umpan terobosan Henrik Mkhitaryan. Wasit pun menunjuk titik putih.

Arah bola hasil tendangan penalti Aubameyang bisa dibaca Lloris sehingga bola berhasil ditepis. Bola rebound diteruskan Iwobi namun bisa dihalau lini pertahanan Tottenham. Skor tetap 1-1.

Di tengah usaha mencetak gol tambahan pada menit-menit akhir injury time, Arsenal justru kehilangan Lucas Torreira. Wasit mengacungkan kartu merah kepada gelandang mungil itu menyusul tekel tinggi kepada Danny Rose.

Laga berakhir. Skor imbang 1-1 tetap bertahan.



Susunan Pemain

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Rose, Alderweireld, Trippier, Davinson Sanchez, Sissoko, Wanyama (Lamela 59'), Eriksen, Son (Llorente 79'), Kane

ARSENAL: Leno, Nacho Monreal, Sokratis, Koscielny, Mustafi, Mkhitaryan, Ramsey (Oezil 72'), Xhaka, Iwobi, Guendouzi (Torreira 46'), Lacazette (Aubameyang 58')


(rin/fem)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com