sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 20 Apr 2019 20:34 WIB

Hasil Liga Inggris: Manchester City Taklukkan Tottenham 1-0

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Manchester City menang 1-0 atas Tottenham Hotspur lewat gol Phil Foden (Phil Noble/Reuters) Manchester City menang 1-0 atas Tottenham Hotspur lewat gol Phil Foden (Phil Noble/Reuters)
London - Manchester City sementara mengudeta puncak Premier League dari Liverpool. Ini setelah The Citizens menang 1-0 atas Tottenham Hotspur.

Pada laga pekan ke-35 Premier League di Etihad Stadium, Sabtu (20/4/2019) malam WIB, gol satu-satunya di laga ini hadir pada menit kelima lewat Phil Foden.

City dominan dengan 61 persen ball possesion serta membuat 15 attempts, empat di antaranya on goal. Sementara, Spurs punya 10 attempts dengan empat on target.

Tambahan tiga poin membuat City menggeser Liverpool dari posisi teratas klasemen dengan 86 poin dari 34 laga, unggul satu poin atas rivalnya yang menghadapi Cardiff City besok malam.

Dalam upayanya finis empat besar, Spurs di posisi ketiga dengan 67 poin terancam oleh Arsenal, Chelsea, dan Manchester United yang cuma berjarak satu serta tiga poin.




Jalannya pertandingan

Spurs berusaha mengambil inisiatif serangan lebih dulu. Berawal dari akselerasi Son Heung-Min di sisi kiri yang dituntaskan sepakan kaki kiri ke pojok atas gawang, tapi Ederson mampu menepis dan berujung korner.

City lewat serangan pertamanya langsung bikin gol pada menit kelima. Bernardo Silva berusaha melepaskan diri dari penjagaan pemain Spurs dan mengirimkan umpan ke depan gawang. Di sana ada Sergio Aguero yang menyundul bola ke sisi kanan dan disambut kepala Phil Foden.


Hasil Liga Inggris: Manchester City Taklukkan Tottenham 1-0Foto: Shaun Botterill/Getty Images



Usai unggul 1-0, City sedikit menurunkan tempo permainan dan lebih banyak memainkan bola dari kaki ke kaki. Spurs berusaha untuk mencari gol penyama kedudukan secepatnya.

Ada peluang didapat Christian Eriksen pada menit ke-14. Lepas dari kawalan Aymeric Laporte, Eriksen melepaskan sepakan keras yang masih bisa diadang Ederson.

Dua menit setelahnya bola terobosan Eriksen membelah pertahanan City dan nyaris menemui Son yang mendahului Laporte. Beruntung nama terakhir masih bisa memblok bola tersebut.

Pada menit ke-22 Gazzaniga melakukan penyelamatan ketika mengadang sepakan Silva dari dalam kotak penalti. City nyaris saja mencetak gol keduanya di laga ini.

Silva lagi-lagi membuat Gazzaniga harus bekerja keras ketika sepakan kaki kirinya mengarah ke gawang tapi masih bisa diamankan oleh kiper asal Argentina tersebut.

City harus kehilangan De Bruyne yang mengalami cedera dan digantikan Fernandinho pada menit ke-38. Son sempat punya peluang lagi di akhir babak pertama tapi Ederson bisa menepis sepakannya.

Skor 1-0 untuk keunggulan City menutup babak pertama.




Masuk di babak kedua, City berupaya secepatnya menambah gol demi mengunci kemenangan. Tapi usaha mereka selalu gagal karena lini pertahanan Spurs yang terbilang solid. Foden sempat membuat peluang pada menit ke-49 tapi sepakannya masih melayang di atas mistar.

Spurs mengancam lewat bola mati pada menit ke-60 ketika korner Eriksen menemui kepala Eric Dier di kotak penalti, tapi sundulannya belum menemui sasaran.

Sterling! Peluang terbaik didapat winger timnas Inggris itu pada menit ke-71 ketika menerima umpan tarik Leroy Sane. Namun, sepakannya di depan gawang masih bisa diadang kaki kanan Gazzaniga.


Hasil Liga Inggris: Manchester City Taklukkan Tottenham 1-0Foto: Jason Cairnduff/Reuters



Dua menit setelahnya giliran Moura yang punya kans bikin gol. Mendapat bola di depan gawang, Moura menembaknya ke gawang tapi Ederson dan John Stones dengan cepat mengadangnya.

Hingga laga berakhir City tetap memegang kemenangan 1-0.




Susunan pemain

Man City: Ederson; Kyle Walker, John Stones, Aymeric Laporte, Oleksandr Zinchenko; Kevin De Bruyne (Fernandinho 38'), Ilkay Gundogan, Phil Foden (David Silva 85'); Bernardo Silva, Sergio Aguero (Leroy Sane 66'), Raheem Sterling.

Tottenham: Paulo Gazzaniga; Toby Alderweireld (Fernando Llorente 78'), Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Juan Foyth, Dele Alli (Danny Rose 69'), Eric Dier, Ben Davies; Son Heung-min, Christian Eriksen, Lucas Moura.



(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed