sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 21 Jul 2019 00:12 WIB

Premier League 2019/2020 Bakal Makin 'Meriah' dengan VAR

Doni Wahyudi - detikSport
Kontroversi yang dihasilkan VAR akan membuat Premier League makin meriah musim depan (Juan MABROMATA / AFP) Kontroversi yang dihasilkan VAR akan membuat Premier League makin meriah musim depan (Juan MABROMATA / AFP)
Jakarta - Sebagai teknologi yang digunakan untuk membantu mengambil keputusan, VAR sejauh ini banyak menjadi kontroversi. Musim depan, Premier League siap menyambutnya.

Mulai musim 2019/2020, Premier League dipastikan akan memakai VAR. Premier League menyusul beberapa kompetisi domestik Eropa lainnya, termasuk Liga Champions, yang lebih dulu menggunakan teknologi tersebut.

Dalam berbagai praktiknya, VAR memang banyak membantu kerja wasit. Namun kontroversi yang dimunculkan juga tidak sedikit. Premier League mau tak mau harus siap juga dengan kontroversi-kontroversi tersebut.



"Kami telah menghabiskan dua tahun untuk bisa berada pada titik ini, dan di dalam kepala kami berkomitmen melakukannya selama dua tahun ini," ucap Presiden Eksekutif Premier League, Richard Masters.

"Tak ada keraguan dalam diri saya kalau itu akan menciptakan kontroversi karena akan ada keputusan-keputusan besar diambil. Tapi kami sudah siap untuk itu," lanjutnya dikutip dari BBC.

VAR menghasilkan beberapa kontroversi saat dipakai di Piala Dunia 2018. Pun begitu saat dilangsungkan Piala Dunia Wanita beberapa pekan lalu.



Saat ini, seluruh 20 klub yang berlaga di Premier League 2019/2020 di stadionnya sudah terpasang VAR.

"Kami sudah melakukan pelatihan dan pengujian dan memastikan saat itu digunakan, terutama pada Sabtu sore saat beberapa pertandingan digelar bersamaan. Karena itulah kamipounya beberapa VAR yang sudah dilatih," yakin Richard Masters.

Simak Video "Laga MU Vs Arsenal Berakhir Imbang 1-1"
[Gambas:Video 20detik]
(din/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com