sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 16 Agu 2019 11:33 WIB

Terima Pelecehan Rasial, Tammy Abraham Didukung Rashford-Lingard

Bayu Baskoro Febian - detikSport
Pemain Chelsea, Tammy Abraham, didukung Jesse Lingard dan Marcus Rashford karena pelecehan rasial. (Foto: Michael Regan/Getty Images) Pemain Chelsea, Tammy Abraham, didukung Jesse Lingard dan Marcus Rashford karena pelecehan rasial. (Foto: Michael Regan/Getty Images)
London - Tammy Abraham menerima pelecehan rasial di media sosial usai Piala Super Eropa. Marcus Rashford-Jesse Lingard menyampaikan dukungan untuk pemain Chelsea itu.

Chelsea kalah dari Liverpool di ajang Piala Super Eropa 2019, Kamis (15/8/2019). The Blues kalah lewat adu penalti 5-4 setelah kedua tim bermain imbang 2-2 hingga 120 menit pertandingan.

Abraham menjadi satu-satunya eksekutor Chelsea yang gagal mencetak gol di babak tos-tosan. Tendangannya diblok kiper Liverpool, Adrian.

Pemain berusia 21 menjadi sasaran kekecewaan para supporter Chelsea. Ada pendukung Si Biru yang meluapkan kekesalan pada Abraham melalui media sosial. Segelintir penggemar bahkan bertindak jauh dengan melontarkan komentar berbau rasisme kepadanya.

Organisasi Kick It Out, yang aktif berkampanye melawan tindakan rasisme dalam sepakbola, melaporkan jika Abraham menjadi korban serangan rasis di media sosial usai partai menghadapi Liverpool. Serangan rasis terhadap Abraham di sosial media meliputi kata-kata kasar yang merujuk kepada ras dan warna kulitnya.

Pihak klub Chelsea melalui juru bicaranya menyayangkan peristiwa yang menimpa pemain asal Inggris tersebut. The Blues dikatakan bakal mengambil tindakan tegas bagi para pelaku yang melakukan aksi diskriminasi kepada Abraham.





"Chelsea FC menemukan semua bentuk perilaku diskriminatif yang tidak dapat diterima. Tidak ada tempat di klub ini dan di mana pun bagi para pemegang tiket musiman Chelsea atau anggota yang terbukti terlibat dalam perilaku seperti itu, kami akan mengambil tindakan sekuat mungkin melawan mereka." Begitu pesan yang disampaikan dari pihak Stamford Bridge.

Tidak hanya dari klub, beberapa rekan seprofesi Abraham juga memberikan dukungan moril kepadanya. Dua pemain Manchester United Marcus Rashford dan Jesse Lingard menyampaikan rasa simpatik kepada penyerang Chelsea itu via media sosial Twitter.

"Tetap tegakkan kepalamu @tammyabraham kita semua telah menyimpannya, itulah sepakbola. Kita harus mengapresiasi bakat muda Inggris ini bukannya hal itu ... ' ujar Rashord di akun @MarcusRashford

Sementara itu Lingard memposting foto dirinya bersama Abraham saat tengah berlatih dengan Timnas Inggris, disertai kalimat dukungan kepadanya.

"Tetap teguh kawan, tetap kuat dan tetap membanggakan," cuitnya melalui akun @JesseLingard

Rasialisme masih menjadi satu masalah besar di persepakbolaan Inggris. Berdasarkan data Kick It Out dari 159 laporan diskriminasi terkait sepakbola di semua level persepakbolaan Inggris di media sosial pada musim 2018/19. Sebanyak 62 persen di antaranya tindakan rasisme.




Simak Video "Delapan Pemain Diisukan Bakal Didepak Juventus, Siapa Saja?"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
NEWS FEED