sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 13 Sep 2019 16:15 WIB

Belajar Jadi Jangkar, Lallana Amati Permainan De Jong

Adhi Indra Prasetya - detikSport
Adam Lallana (tengah) tengah belajar jadi gelandang nomor 6. (Foto: REUTERS/Denis Balibouse) Adam Lallana (tengah) tengah belajar jadi gelandang nomor 6. (Foto: REUTERS/Denis Balibouse)
Jakarta - Adam Lallana sedang belajar menjadi gelandang jangkar. Ia pun menonton permainan gelandang Barcelona, Frenkie De Jong, untuk lebih memahami posisi tersebut.

Lallana saat ini tengah dipoles Liverpool untuk menjadi gelandang nomor 6 atau jangkar. Ia sebelumnya bermain sebagai gelandang nomor 8, yang relatif lebih leluasa bergerak ke depan dan melakukan tusukan.

Sebagai nomor 6, Lallana akan bermain lebih sentral dan menjadi pengatur tempo permainan. Ia akan beroperasi di depan para bek. Di posisi ini, seorang pemain dituntut untuk punya visi dan akurasi umpan yang baik untuk membuka permainan, sekaligus menjadi filter serangan lawan sebelum mencapai bek.


Di posisi itu, Lallana akan punya peluang tampil lebih besar. Sebab di skuat Liverpool saat ini ia punya banyak pesaing untuk memainkan posisi nomor 8, sebut saja Naby Keita, Georginio Wijnaldum, Jordan Henderson, hingga Alex-Oxlade Chamberlain.

Untuk posisi nomor 6 sendiri, Fabinho menjadi pilihan utama meski Wijnaldum dan Henderson juga beberapa kali dimainkan di sana. Lallana bisa memberikan opsi lebih untuk Juergen Klopp.

Dalam dua musim terakhir, Lallana sudah jarang tampil. Tak cuma persaingan lini tengah yang ketat, cedera juga mengganggunya. Di Liga Inggris musim ini, ia baru diturunkan sekali dan hanya mengoleksi waktu bermain 4 menit.


"Posisi ini (nomor 6) mengggairahkan karena saya mendapatkan bola lebih banyak daripada posisi sebelumnya di karier saya. Terkadang sebagai nomor 8 Anda melakukan tusukan tipuan, atau Anda meminta bola tapi tak diberi," ungkap Lallana di situs resmi klub.

"Sementara di posisi nomor 6, Anda lebih menjadi pusat permainan, lebih banyak terlibat dalam membangun serangan. Itu yang langsung saya sadari," ujarnya menambahkan.

Dalam upayanya lebih memahami tugas-tugas nomor 6, ia mengamati sejumlah pemain. Frenkie De Jong jadi salah satu yang banyak ia pelajari cara mainnya.


"Saya belum mempelajarinya terlalu dalam. Jordan (Henderson) mengatakan saya harus menonton permainan Frenkie De Jong. Cara dia memainkan peran itu, dia tampaknya menggiring bola sedikit lebih kerap dibandingkan pemain-pemain di posisi nomor enam, yang tentunya mendatangkan sedikit risiko, tapi itu seusai dengan permainan saya," ujar Lallana.

"Saya lebih banyak menonton permainan gelandang nomor 6 ketimbang 8, karena saya sudah tahu cukup baik bagaimana bermain sebagai nomor 8. Saya agak fokus ke permainan Fabinho di laga-laga pertama kami dan dia memainkannya dengan luar biasa baik," imbuh eks pemain Southampton ini.

Simak Video "Liverpool Keok di Pramusim, Klopp Ngaku Kurang Pemain"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com