sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 18 Okt 2019 14:07 WIB

'Liverpool Berisi Para Pemimpin dan Pemain Berkarakter, MU Tidak'

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Liverpool dinilai sebagai skuat komplet, berisi para pemimpin dan pemain-pemain berkarakter kuat. (Foto: Paul Ellis/AFP) Liverpool dinilai sebagai skuat komplet, berisi para pemimpin dan pemain-pemain berkarakter kuat. (Foto: Paul Ellis/AFP)
Jakarta - Liverpool bukannya tanpa alasan bisa meraih sukses belakangan ini, sebab mereka punya sosok pemimpin dan pemain berkarakter. Manchester United tak punya itu.

Pandangan itu diungkapkan eks pemain MU dan Liverpool Paul Ince, jelang laga derby barat-laut di Old Trafford, Minggu (20/10/2019) malam WIB pada lanjutan Liga Inggris. Pertandingan ini disiarkan langsung Mola TV dan TVRI, serta bisa ditonton via link ini.

Liverpool sukses meraih titel pertama dalam era Juergen Klopp yang dimulai pada 2015 silam, ketika menjuarai Liga Champions musim lalu. Titel Piala Super Eropa lantas menyusul pada pertengahan Agustus lalu.


'Si Merah' berpotensi melanjutkan kesuksesan itu di Liga Inggris musim ini. Sebab Jordan Henderson dkk sudah mengawali dengan amat baik: memenangi delapan pekan pertama dan sudah memimpin delapan poin dari Manchester City di posisi kedua.

Di saat yang sama, MU malah menunjukkan sinyal-sinyal penurunan. Sempat memenangi Piala FA di musim 2015/2016, lalu Piala Liga Inggris dan Liga Europa pada musim berikutnya, 'Setan Merah' meredup.

Musim 2018/2019 lalu MU finis di urutan enam Liga Inggris, padahal tahun sebelumnya jadi runner-up. Musim ini mereka memulai dengan sembilan poin dari delapan pekan pertama, tercecer di urutan 12 klasemen sementara.

MU bahkan cuma berjarak dua poin saja dari zona degradasi.


Ince yang punya riwayat dengan MU dan Liverpool --kendati jauh lebih lama di MU (6 musim:2 musim)-- membandingkan kondisi kedua tim. Salah satu faktor besarnya adalah Liverpool mendatangkan pemain-pemain yang tepat, yang punya jiwa kepemimpinan dan karakter kuat.

Mereka ini memberikan pengaruh besar di lapangan.

"Ketika saya melihat Liverpool, saya melihat para pemimpin, saya melihat orang-orang berkarakter, saya melihat Henderson...Van Dijk yang sudah menyatu, dia pembelian bagus, bek tengah terbaik di dunia," ungkap Ince dikutip Liverpool Echo.

"Mereka adalah para pemimpin, bahkan Robertson, Anda melihat dia berani dengan siapapun, Anda melihatnya menggerakkan orang-orang di sekitarnya. Anda tak melihat itu di Manchester United sekarang."


"Cara Klopp membangun tim ini, dia sudah membeli pemain-pemain yang tepat, dalam diri Wijnaldum, Fabinho. Ini sekarang benar-benar tim yang komplet dari belakang ke depan."

"Van Dijk punya peran masif, Matip sudah kembali, dia masih punya (Joe) Gomez untuk kembali bermain. Jadi ini bukan cuma fakta bahwa dia punya starting XI yang bagus, dia juga punya para pemain yang masih akan kembali ke tim dan bisa melakukan pekerjaan dengan serupa," imbuhnya.

Simak Video "Chevrolet Pikir-pikir Tak Sponsori MU Gegara Performa Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com