sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 11 Nov 2019 15:36 WIB

Wasit Tak Hukum Liverpool Penalti, Ini Aturan Handball di Premier League

Putra Rusdi K - detikSport
Trent Alexander-Arnold tak dianggap handball meski menyentuh bola dengan tangan. Ini aturan handball terbaru Liga Inggris (Foto: Laurence Griffiths/Getty Images)
Liga Inggris sendiri memberlakukan aturan baru untuk handball mulai musim ini. Berikut ini adalah beberapa perubahan dalam aturan baru tersebut dikutip dari Manchester Evening News.

Pertama, jika pemain mencetak gol dengan tangan baik disengaja maupun tidak, gol tersebut akan dianulir.

Perubahan paling mencolok dalam aturan baru ini adalah tangan pemain tak perlu dalam kondisi aktif untuk bisa dianggap handball. Handball kini ditinjau lewat posisi dari lengan atau tangan.

Aturan baru ini mengatakan jika tangan atau lengan di atas bahu dapat disebut sebagai posisi yang tidak alami. Begitu pula, jika lengan atau tangan merentang jauh dari badan.


Hal ini akan membuat proporsi badan menjadi lebih besar secara tidak alami. Jika bola mengenai tangan dalam situasi ini akan dianggap handball. Pengecualian, jika pemain menggunakan lengan atau tangannya untuk menopang badan saat ia terjatuh atau hilang keseimbangan.

Aturan di atas juga tak berlaku jika dalam situasi bola difleksi. Perubahan arah bola yang mendadak akibat defleksi membuat pemain mustahil memiliki waktu untuk menggerakkan lengan atau tangan sesuai kehendak mereka. Hal itu tak dianggap handball.

Defleksi bola tak harus dari pemain lawan, dari tubuh sang pemain itu sendiri juga dianggap tidak handball.




Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(pur/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com