sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 16 Des 2019 15:28 WIB

Oezil Bela Muslim Uighur, China Ultimatum Arsenal

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
Mesut Oezil menyoroti isu pelanggaran Hak Asasi Manusia terhadap muslim Uighur. (Foto: Julian Finney/Getty Images)
Jakarta - Aksi Mesut Oezil menyoroti isu muslim Uighur di China mendapatkan respons keras dari partai yang berkuasa di sana. Partai Komunis China mengancam Arsenal.

Oezil sebelumnya mengangkat isu muslim Uighur yang kabarnya ditahan di kamp konsentrasi di Xinjiang. Ia menyiratkan bahwa umat Islam mesti bersuara lantang soal ini.

"[Di China] Quran dibakar, masjid ditutup, sekolah islam, madrasah dilarang, cendekiawan agama satu per satu dibunuh. Terlepas dari semua itu, muslim tetap diam. Suara mereka tak terdengar," demikian bunyi tulisan dalam unggahan Oezil, yang memang pemain muslim, di Instagram.


Aksi itu langsung memicu reaksi di daratan China. Stasiun televisi CCTV dan layanan streaming PPTV misalnya, batal menyiarkan laga Arsenal vs Manchester City pada Minggu (15/12/2019) kemarin.

Arsenal sendiri langsung menarik diri dan menjaga jarak dengan Oezil, menegaskan bahwa sikap sang gelandang tak mencerminkan klub. Namun itu tak menghindarkan mereka dari ancaman.

Global Times, salah satu media corong Partai Komunis China yang merupakan partai berkuasa di Negeri Tirai Bambu, mengingatkan bahwa Arsenal akan merasakan dampak besar dari aksi Oezil. Dalam editorialnya, Global Times juga menyebut Oezil sebagai orang bingung, serampangan menyalahgunakan pengaruh, mudah terhasut dan bersedia menghasut orang lain.


"Langkah Oezil sudah merusak citranya di antara penggemar China dan akan punya dampak serius untuk Arsenal," ungkap Global Times seperti dikutip Channel News Asia.

"Orang-orang China seharusnya bisa melihat dengan jelas bahwa yang dilakukan Oezil kali ini adalah pertunjukan badut," tambah pernyataan media tersebut.

Sejumlah penggemar di China juga menunjukkan ketidaksukaannya terhadap sikap Oezil di platform media sosial, Weibo. Mereka malah bergembira dengan kekalahan 0-3 Arsenal dari Manchester City di Emirates Stadium.

"Saya seorang penggemar Arsenal dan hari ini mendukung kemenangan City," unggah salah satu pengguna Weibo.

"Manchester City adalah teman baik masyarakat China," ujar yang lainnya.

Simak Video "Oezil, Arteta, End"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com