sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 16 Feb 2020 04:14 WIB

Arteta Pede Arsenal Mampu Raih Hal Besar

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LONDON, ENGLAND - JANUARY 18: Mikel Arteta, manager of Arsenal gesticulates during the Premier League match between Arsenal FC and Sheffield United at Emirates Stadium on January 18, 2020 in London, United Kingdom. (Photo by Clive Mason/Getty Images) Arteta percaya diri Arsenal mampu meraih hal-hal besar. (Foto: Clive Mason/Getty Images)
Jakarta -

Arsenal memang masih jauh dari zona Eropa di Liga Inggris. Namun Mikel Arteta meyakinkan bahwa skuadnya punya potensi untuk melakukan hal besar.

Arsenal masih tercecer di papan tengah klasemen Liga Inggris memasuki pekan ke-26. The Gunners saat ini menempati urutan 11 dengan 31 poin dari 25 pertandingan, berjarak 10 poin dari Chelsea di posisi empat yang merupakan batas zona Liga Champions.

Sejak Arteta mengambil alih posisi pelatih dari Unai Emery pada 20 Desember lalu, Arsenal masih belum cukup meyakinkan. Sembilan laga dilalui di semua kompetisi, dengan catatan tiga kemenangan, lima kali imbang, dan sekali kalah.

Meski demikian, Arteta menegaskan bahwa hasil-hasil saat ini belum menunjukkan potensi sesungguhnya dari Arsenal. Ada margin besar untuk perbaikan dan yang paling utama, saat ini para pemain menunjukkan reaksi bagus dan yakin dengan ide-idenya.

"Saya yakin kami akan melakukan sejumlah hal besar bersama-sama. Kami punya setiap elemen yang dibutuhkan untuk sukses dan membawa klub bergerak maju, dan melakukannya dengan cara yang kami mau," kata Arteta dikutip Sky Sport.

"Senang bisa merasakan bahwa para pemain menikmatinya, dan bahwa mereka yakin dengan apa yang kami coba lakukan. Sekarang terserah kami sendiri untuk mempercepat proses secepat mungkin, tanpa mematikan prosesnya tapi dengan memenangi laga sebanyak mungkin," sambungnya.

Arteta menjelaskan bahwa beberapa progres berada di aspek sikap dan gestur pemain di lapangan. Misalnya kini para pemain mulai lebih mau berkorban dan membantu pertahanan, menjaga tim terus dalam pola yang solid.

Jika terus dipoles, hal-hal ini disebut pria asal Spanyol itu akan membuahkan sesuatu yang positif pada akhirnya.

"Ada banyak hal positif sejauh ini. Saya sudah mencoba meyakinkan para pemain bahwa kalau kami melatih sejumlah hal di latihan, itu akan terjadi di lapangan dan kami akan bikin gol-gol dari sana," sambungnya.

"Sejauh ini sudah ada sejumlah momen yang sangat bagus, dengan hal-hal yang saya minta untuk mereka kerjakan. Juga, sejumlah counter-pressing yang kami lakukan sudah sangat bagus."

"Beberapa sikap dari para pemain sebelumnya tak terlihat, khususnya soal pemain top turun membantu pertahanan. Jarak antara kami dan kerapatan tim kami jauh lebih baik, juga bahasa tubuh kami," tandas Arteta.



Simak Video "Mikel Arteta Comeback, Arsenal Mulai Latihan Lagi"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com