sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 21 Feb 2020 10:13 WIB

Suporter Cilik MU ke Klopp: Mohon, Buatlah Liverpool Kalah

Yanu Arifin - detikSport
Soccer Football - Champions League - Maribor vs Liverpool - Ljudski vrt, Maribor, Slovenia - October 17, 2017   Liverpool manager Juergen Klopp celebrates at the end of the match    Action Images via Reuters/Paul Childs Manajer Liverpool Juergen Klopp membalas surat penggemar cilik Manchester United. (Foto: Paul Childs/Reuters)
Manchester -

Performa oke Liverpool rupanya membuat fan Manchester United menderita. Sampai-sampai ada yang menyurati Juergen Klopp agar membuat The Reds kalah.

Liverpool belum terkalahkan hingga pekan ke-26 Premier League musim ini, dengan rincian menang 25 kali dan cuma imbang sekali. Mohamed Salah dkk pun memuncaki klasemen Liga Inggris dengan 76 poin, unggul 22 angka dari Manchester City.

Berbeda dengan sang rival, MU justru terseok-seok. Saat ini Setan Merah tertahan di peringkat 7, dan sedang berjuang lolos ke kompetisi Eropa musim depan.

Adalah Daragh Curley, suporter MU berusia 10 tahun, yang menderita atas jomplangnya performa tersebut. Demi kecintaannya pada MU, ia menyurati langsung Klopp, selaku manajer Liverpool.

Dilansir BBC, Gordon, ayah Daragh, mengaku anaknya menulis surat terbuka kepada Klopp di sekolahnya. Isinya adalah keluhan karena melihat Liverpool selalu menang.

"Liverpool memenangkan terlalu banyak pertandingan. Jika kamu memenangkan sembilan pertandingan lebih banyak, maka kamu memiliki rekor tak terkalahkan terbaik di sepakbola Inggris. Penggemar United akan sangat sedih," tulis Daragh, yang merupakan murid sekolah Glenswilly.

"Jadi lain kali, jika Liverpool bermain, tolong buatlah mereka kalah. Kamu harus membiarkan tim yang lain mencetak gol. Aku harap bisa meyakinkanmu untuk tidak memenangkan liga atau pertandingan lainnya lagi," lanjut keluh kesah Daragh.

Suporter Cilik MU ke Klopp: Mohon, Buatlah Liverpool Kalah


Yang mengejutkan, surat Daragh rupanya dibalas Klopp. Ibunya mengambil suratnya, dan mengetahui ternyata sebuah balasan dari manajer Liverpool, lengkap dengan kop surat resmi Liverpool plus tanda tangannya.

"Istri saya, Tricia, ada di kantor pos dan dia diberi tahu bahwa ada surat terdaftar untuk Daragh Curley di sana. Dia heran siapa yang akan mengirim Daragh surat resmi, tetapi ketika dia memberinya kepada Daragh, dia bilang 'Itu dari Jurgen Klopp. Dan itu memang Jurgen Klopp," kata Gordon.

Dalam surat balasannya, Klopp menolak permintaan Daragh. Klopp juga menjelaskan dengan rinci agar Daragh memahami kompetisi sepakbola.

"Sayangnya, pada kesempatan ini aku tidak bisa mengabulkan permintaanmu, tidak dengan pilihan apapun," balas manajer 52 tahun itu.

"Bagaimanapun kamu menginginkan Liverpool kalah, tugasku adalah membantu Liverpool menang, karena ada jutaan orang di seluruh dunia yang menginginkan hal itu terjadi, jadi aku tidak ingin mengecewakan mereka."

"Kamu beruntung, kami sudah kalah sebelumnya dan pasti akan kalah ke depannya, sebab itulah sepakbola. Masalahnya adalah ketika kamu berusia 10 tahun, kamu berpikir segala sesuatunya tidak akan pernah berubah, tetapi jika ada satu hal yang bisa kukatakan padamu saat berumur 52 tahun adalah bukan begitu masalahnya," balas Klopp.

Sikap Klopp pun dipuji Gordon. Ia senang pria sekalibernya mau meladeni permintaan anaknya yang masih kecil.

"Yang saya sukai dari surat itu adalah tentang sportivitas dan rasa hormat juga. Saya pikir berkata seperti itu ke anak 10 tahun hal yang luar biasa," kata Gordon.

(yna/raw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com