sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 21 Mar 2020 22:00 WIB

Kisah Kartu Kuning 3 Detik Vinnie Jones

Kris Fathoni W - detikSport
26 AUG 1995:  VINNY JONES OF WIMBLEDON ARGUES WITH THE REFEREE AS HE IS BOOKED FOR A FOUL ON GARY NEVILLE DURING THE MATCH AGAINST MANCHESTER UNITED AT OLD TRAFFORD. MANCHESTER UNITED WON 3-1. Mandatory Credit: Chris Cole/ALLSPORT Vinnie Jones semasa di Wimbledon. (Foto: Chris Cole/ALLSPORT)
Jakarta -

Zaman now, nama Vinnie Jones mungkin lebih identik dengan dunia film. Padahal namanya lebih dulu ngetop berkat sepakbola. Ini salah satu cerita tentangnya.

Semasa aktif bermain dulu, Jones yang tampil di posisi gelandang bertahan memiliki reputasi sebagai pemain yang sangat agresif dan amat santai menyikapi aturan dalam pemainan. Total 13 kali ia dapat kartu merah sepanjang karier.

Kisah Kartu Kuning 3 Detik Vinnie JonesVinnie Jones dalam sebuah agenda promosi. (Foto: Getty Images/Jeff Spicer)

Secara khusus, reputasi Jones sebagai pemain keras itu terpupuk dalam periode tiga musim bersama skuat "Crazy Gang" Wimbledon yang menjuarai Piala FA 1988.

Pria yang kini berusia 55 tahun tersebut juga pernah membela Leeds United, Sheffield United, Chelsea, dan Queens Park Rangers. Nah, semasa membela Chelsea-lah Jones mencatatkan sebuah rekor: kartu kuning tercepat di persepakbolaan Inggris.

Dalam pertandingan pada tanggal 21 Maret 1992, Chelsea berhadapan dengan Sheffield United di Stamford Bridge. Baru tiga detik laga berlangsung, Jones sudah dapat kartu kuning atas pelanggaran terhadap Dane Whitehouse.

"Mungkin aku melakukan sesuatu yang kelewat tinggi, kelewat keras, atau kelewat cepat karena setelah tiga detik, tak mungkin aku melakukan sesuatu yang terlambat (late)," tulis Jones dalam bukunya di tahun 1998, boleh jadi merujuk pada istilah 'late challenge' yang lazim dapat acungan kartu dari wasit.

(krs/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com