sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 07 Apr 2020 12:24 WIB

Yuk Kenalan Sama 'Iron Lady' Chelsea

Afif Farhan, Afif Farhan - detikSport
Marina Granovskaia Marina Granovskaia (kanan) (Chelsea)
London -

Marina Granovskaia disebut sebagai 'Iron Lady' Chelsea. Dia adalah dewan direksi The Blues yang bertugas menjaga neraca keuangan klub. Tegas, tak main-main.

Dilansir dari Sky Sports, Marina Granovskaia merupakan Most Powerful Woman in Football. Tak ayal, julukan 'Iron Lady' disematkan kepadanya.

Jika saat musim transfer, Marina Granovskaia akan muncul saat sesi foto penandatanganan dengan pemain baru. Dirinya pun merupakan orang kepercayaan pemilik Chelsea, Roman Abramovich.



Marina Granovskaia (kanan)Marina Granovskaia (kanan) bersama Mason Mount (Chelsea)



Mari mengenal Marina Granovskaia lebih dekat. Marina berasal dari Rusia dan merupakan asisten pribadi Roman Abramovich sejak tahun 2007.

Awal mulanya, Marina bekerja di salah satu perusahaan minyak Roman Abramovich. Salah seorang sumber mengatakan, Marina bekerja sangat profesional dan mau belajar tentang dunia bisnis.

Tahun 2003, kala Roman Abramovich membeli Chelsea, Marina ikut belajar bagaimana mengelola keuangan klub sepakbola. Hingga di tahun 2014, dirinya diangkat menjadi Pejabat Tinggi Eksekutif dan duduk dalam jajaran dewan direksi The Blues.



Marina Granovskaia (kanan) bersama Frank Lampard saat 'Super Frank' ditunjuk sebagai manajer klubMarina Granovskaia (kanan) bersama Frank Lampard saat 'Super Frank' ditunjuk sebagai manajer klub (Chelsea)



Dari situlah, Marina Granovskaia mengatur keuangan klub. Amanah dari Roman Abramovich cuma satu, yakni menjaga keuangan klub tetap stabil dan sesuai dengan Financial Fair Play.

Alhasil, Marina sangat berhati-hati soal harga pembelian dan penjualan pemain, gaji pemain, serta sponsor. Dia juga yang mengatur kebijakan, bahwa pemain di atas usia 30 tahun di Chelsea hanya akan mendapat perpanjangan kontrak satu-dua musim tidak lebih.

"Marina adalah orang sangat tegas soal uang. Dia memperhitungkan segalanya dan tegas dalam keputusan," kata salah seorang sumber di Chelsea.

"Dia sangat profesional dan begitu menjaga neraca keuangan klub," lanjutnya.



Sejak tahun 2013, Chelsea mendapat untung sebesar 397,4 juta paun dalam hal transfer pemain. Meski begitu walau kebijakan harga transfer ada pada tangannya, soal pemilihan siapa pemain yang dibeli atau dijual adalah hak dari manajer dan timnya.

Artinya, manajer yang akan menentukan siapa pemain yang akan dibeli dan dijual. Lalu Marina bersama jajarannya akan menentukan soal harga dan kesepakatan.

Soal sponsor, Marina Granovskaia juga berhasil deal dengan Nike untuk tahun 2032. Dengan nilai kontrak, 60 juta paun setahun.



Simak Video "Pemain Muda Chelsea Gelagapan di Liga Champions"
[Gambas:Video 20detik]
(aff/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com