sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 27 Apr 2020 10:05 WIB

'Liga Inggris Tidak Bisa Dibatalkan Layaknya Liga Belanda'

Mohammad Resha Pratama - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - MAY 06:  The Premier League Trophy on display prior to the Premier League match between Manchester City and Huddersfield Town at Etihad Stadium on May 6, 2018 in Manchester, England.  (Photo by Michael Regan/Getty Images) Liga Inggris tidak mungkin dibatalkan seperti Liga Belanda (Michael Regan/Getty Images)
Sussex -

Muncul desakan agar Premier League dibatalkan seperti Liga Belanda. Menurut salah satu eks manajernya, Alan Pardew, Liga Inggris tidak bisa seperti itu.

Menyusul pandemi virus corona yang membuat banyak kompetisi berhenti sampai batas waktu tidak ditentukan, Federasi Sepakbola Belanda (KNVB) memutuskan Liga Belanda dihentikan tanpa juara, degradasi, dan promosi.

Liga Belanda jadi kompetisi kedua di Eropa yang melakukan hal ini setelah Liga Belgia. Keputusan KNVB ini bukan tidak mungkin diikuti oleh operator liga lain jika kondisi di Eropa belum memungkinkan.

Salah satu yang didesak untuk membatalkan liga adalah Premier League. Masih jadi perdebatan di antara klub-klub apakah perlu liga dilanjutkan atau dibatalkan saja.


Jika liga dibatalkan maka Liverpool dipastikan gagal menjadi juara meski mereka cuma butuh dua kemenangan lagi. Tapi, opsi membatalkan musim bukan jalan terbaik, karena bukan cuma Liverpool tapi ada beberapa tim, khususnya yang berjuang menghindari degradasi, tidak akan setuju.

Apalagi perputaran uang di Inggris begitu besar khususnya dari hak siar, sehingga peluang membatalkan musim akan sangat kecil.

"Kondisi hak siar di Premier League itu lebih rumit lagi. Jika Anda menggunakan cara yang sama (seperti di Belanda), maka Anda bisa berakhir dengan saling menuntut di pengadilan," ujar Pardew di Daily Mail.

"Mungkin ada juga seperti itu Belanda karena promosi itu penting, erat kaitannya dengan gaji pemain," sambungnya.



"Saya sudah bicara dengan manajer, chairman, dan beberapa CEO di Premier League, sepertinya mereka ingin menuntaskan musim jika diizinkan pemerintah. Memang ada yang ingin dihentikan sekarang dan memulai musim baru, karena persoalan finansial. Mereka akan berupaya semaksimal mungkin untuk membuat liga jalan lagi."

"Apakah orang menilai Liga Belanda sudah membuat keputusan tepat atau tidak, saya rasa Premier League tidak akan melakukannya," tutupnya.



Simak Video "Tumbangkan Bournemouth, Wolves Tempel MU"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/mrp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com