sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 08 Mei 2020 06:30 WIB

Bingungnya Pemain Tottenham, Bos Baru Hadir 30 Detik Usai Bos Lama Dipecat

Adhi Prasetya - detikSport
LONDON, ENGLAND - APRIL 11: Tottenham Hotspur manager Harry Redknapp talks to his players during the FA Cup sponsored by E.ON Semi Final match between Tottenham Hotspur and Portsmouth at Wembley Stadium on April 11, 2010 in London, England.  (Photo by Clive Rose/Getty Images) Redknapp (berjas) menjadi pelatih Tottenham pada periode 2008-2012. Foto: Getty Images/Clive Rose
London -

Kejadian membingungkan sempat dialami para pemain Tottenham Hotspur di musim 2008/09. Pelatih mereka diganti dan 30 detik berselang datanglah pelatih baru. Kok bisa?

Ceritanya, mereka tengah bersiap menghadapi Bolton Wanderers di pekan ke-9 Liga Inggris pada 26 Oktober 2008. Posisi Spurs kala itu berada di dasar klasemen dengan raihan dua poin dalam 8 laga.

Padahal, mereka sedang dilatih Juande Ramos, pria yang mengantar Sevilla menjuarai Piala UEFA (sekarang Liga Europa) tahun 2006 dan 2007. Musim sebelumnya, Ramos juga mengantar The Lilywhites menjadi juara Piala Liga Inggris, yang merupakan trofi terakhir Spurs hingga saat ini.

Tak puas dengan rentetan buruk tersebut, direksi Tottenham akhirnya memecat Ramos pada 25 Oktober, sehari sebelum laga melawan Bolton.

Juande Ramos dipecat Tottenham meski meraih gelar Piala Liga Inggris pada 2008.Juande Ramos dipecat Tottenham meski meraih gelar Piala Liga Inggris pada 2008. Foto: AFP/IAN KINGTON

Di hari yang sama, tak lama setelah para pemain Spurs diberitahu bahwa Ramos dipecat, datanglah Harry Redknapp menyapa Luka Modric dkk.

"Hal teraneh yang terjadi pada saya adalah saat bermain di Spurs dan kami dilatih Juande Ramos," kata eks penyerang Spurs, Darrent Bent, kepada talkSPORT.

"Dia dipecat satu malam sebelum laga. Kami datang ke sebuah ruangan di daerah Canary Wharf, lalu duduk di sana. Presiden lalu masuk dan mengatakan, 'ngomong-ngomong, kami sudah memecat Juande Ramos'," sambungnya.

"Lalu kemudian Harry Redknapp masuk dan menyapa, 'Hai guys, kalian sehat?'. Kami duduk di sana, dan dia (Redknapp) berjalan masuk. Itu adalah hal paling aneh."

"Kami yang baru tiba langsung, 'ada apa ini?'"

Proses penunjukkan Redknapp tampak telah disiapkan direksi Tottenham jauh-jauh hari meski dirahasiakan pada pemain. Sebab, menurut Bent, gaya bicara Harry tak seperti pelatih yang ditunjuk dadakan.

"Rentang waktunya cuma 30 detik. Kami tak lihat Ramos pergi, tapi kami lihat Harry datang."

"Cara dia berbicara pada kami sepertinya dia begitu siap untuk tantangan baru. Saya tak tahu apakah proses penunjukkan ini sudah dimulai beberapa pekan sebelumnya. Tapi sejujurnya aneh saja saat itu melihat Harry datang," jelas Bent.

Di laga melawan Bolton sehari kemudian, Tottenham sukses meraih kemenangan perdana di musim itu dengan skor 2-0 dan Bent turut mencetak satu gol. Pada perjalanannya, Redknapp membawa Spurs keluar dari zona degradasi dan finis di posisi ke-8 klasemen.



Simak Video "Tottenham Menang, Ndombele Cetak Gol Indah"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/yna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com