sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 26 Mei 2020 07:01 WIB

Buat Fabregas, Mourinho Pelatih dengan Permainan Mental Terbaik

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 21:  Jose Mourinho (L) Manager of Chelsea instructs to Cesc Fabregas (R) during the Barclays Premier League match between Chelsea and Norwich City at Stamford Bridge on November 21, 2015 in London, England.  (Photo by Paul Gilham/Getty Images) Cesc Fabregas dan Jose Mourinho ketika masih sama-sama di Chelsea. (Foto: Paul Gilham / Getty Images)
Jakarta -

Jose Mourinho dikenal dengan taktik psywar-nya terhadap para lawan. Tapi trik psikologi tak cuma diterapkan untuk rival, melainkan terhadap para pemain sendiri.

Hal itu diungkapkan mantan anak asuh Mourinho di Chelsea, Cesc Fabregas. Fabregas adalah salah satu pemain yang didatangkan Mourinho pada periode keduanya di The Blues.

Jika Mourinho selama ini dikenal sebagai manajer yang cerdik memainkan kata-kata untuk menyerang tim lawan, ia rupanya menerapkan permainan yang sama untuk timnya. Pria asal Portugal itu juga gemar memancing reaksi anak-anak asuhnya demi hasil yang lebih baik.

"Ketika saya dengan Mourinho, saya menyadari bahwa dia adalah pelatih terbaik yang menangani pikiran saya. Dia adalah pelatih sempurna untuk pemain-pemain besar, dia banyak memoles sisi psikologis dan itu memotivasi Anda," kata Fabregas, yang kini memperkuat AS Monaco, dalam obrolan bersama Rio Ferdinand, seperti dikutip Marca.

"Suatu hari kami sedang dalam rangkaian kemenangan di liga dan saya mendapatkan pesan dari Mourinho. Saya pikir itu dikirim untuk mengucapkan bahwa kami bermain baik, tapi ternyata dia memberi tahu kami semua bahwa kami sudah tampil buruk di pertandingan terakhir," imbuh mantan pemain Arsenal dan Barcelona ini.

Fabregas memenangi dua trofi selama di bawah asuhan Mourinho, yakni Premier League dan Piala Liga Inggris musim 2014/2015. Mourinho kemudian dipecat Chelsea di pertengahan musim berikutnya.



Simak Video "Mourinho: RB Leipzig Kuat Banget"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/ran)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com