sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 30 Jun 2020 08:45 WIB

Klopp Pernah Antar Dortmund Juara Beruntun, Bagaimana dengan Liverpool?

Okdwitya Karina Sari - detikSport
Liverpools manager Jurgen Klopp stands on the pitch before the English Premier League soccer match between Liverpool and Crystal Palace at Anfield Stadium in Liverpool, England, Wednesday, June 24, 2020. (Shaun Botterill/Pool via AP) Liverpool ditantang kembali juarai Liga Inggris di musim depan. Foto: AP/Shaun Botterill
Liverpool -

Juergen Klopp sukses memimpin Borussia Dortmund menjuarai Bundesliga dua kali beruntun. Tuntutan serupa dihadapi Klopp usai Liverpool juara di musim ini. Bisa?

Pelatih berusia 53 tahun itu menghabiskan tujuh tahun bersama Dortmund di antara 2008-2015. Selama periode itu, Klopp membawa Die Borussen mendobrak hegemoni Bayern Munich dengan menjuarai Bundesliga pada 2010/11 dan 2011/12.

Kesuksesan Klopp berlanjut di Liverpool. Berkat tangan dinginnya, The Reds memenangi Liga Champions 2018/19 yang dilanjutkan dengan gelar juara Premier League 2019/10, titel Liga Inggris pertama klub dalam 30 tahun.

Meski kompetisi belum berakhir, Liverpool sudah mendapat tuntutan agar mengulang sukses serupa di 2020/21. Klopp sadar dengan ekspektasi besar yang dibebankan kepada timnya, namun dia memilih untuk realistis.

"Saat itu sepenuhnya tidak ada tekanan di Dortmund untuk memenangi titel lagi karena kami tidak punya kesempatan di 2011, dan hal terburuk yang bisa Anda lakukan di Jerman adalah membangunkan Munich," ungkap Klopp di Telegraph. "Itu bukanlah ide yang bagus karena mereka biasanya membalas dengan begitu sengit.

"Ketika kami menjadi juara di 2011, tidak ada yang mengatakan kepada kami untuk menjadi juara lagi, karena kami kehilangan Nuri Sahin yang menjadi pemain terbaik di Bundesliga di musim itu. Saat itu kan waktunya berbeda. Anda tidak bisa membandingkan situasi-situasi."

"Orang-orang mungkin akan berekspektasi bahwa kami akan memenangi liga lagi. Itu mungkin saja, saya tidak tahu. Tapi saya tidak ingin memulai musim seperti itu. Saya ingin kami memainkan sepakbola terbaik yang kami bisa. Saya tidak mengira Anda bisa memenangi sesuatu kalau Anda mempertahankan sesuatu."

"Kami akan menyerang lagi. Memang tidak ada jaminan kami akan memenanginya tapi kami akan mencobanya. Ada banyak hal untuk dikejar dan mudah-mudahan dunia akan menjadi lebih baik dan orang-orang bisa datang ke stadion lagi. Itu yang lebih saya pikirkan untuk saat ini," Klopp menambahkan.



Simak Video "Liverpool Sudah Juara, Saatnya Klopp ke Timnas Jerman"
[Gambas:Video 20detik]
(rin/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com