sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 02 Jul 2020 18:15 WIB

Menurut Mourinho, Ini Sebab Liverpool Juara

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LONDON, ENGLAND - JANUARY 22: Tottenham manage José Mourinho looks on during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Norwich City at Tottenham Hotspur Stadium on January 22, 2020 in London, United Kingdom. (Photo by Richard Heathcote/Getty Images) Jose Mourinho memuji sukses Liverpool juara Liga Inggris musim ini. (Foto: Richard Heathcote/Getty Images)
Jakarta -

Jose Mourinho memuji Liverpool setinggi-tingginya atas keberhasilan menjuarai Liga Inggris. Manajer Tottenham Hotspur itu menyebut Liverpool layak dicontoh.

Liverpool pekan lalu mengunci gelar juara Premier League, saat musim masih tersisa tujuh pekan. Raihan 86 poin dari 31 pertandingan tak akan bisa dikejar lagi oleh Manchester City di posisi dua yang baru mengumpulkan 63 poin.

Ini jadi gelar Premier League pertama Liverpool, sekaligus titel Liga Inggris pertama dalam 30 tahun. Sukses ini bukanlah hasil dari proses singkat.

Penunjukan Juergen Klopp pada November 2015 mengawali misi besar tim Merseyside tersebut. Liverpool cuma finis kedelapan di akhir musim setelah mengangkat Klopp sebagai manajer.

Dalam dua musim berikutnya, Liverpool masuk ke empat besar namun baru berhasil mengakhiri kompetisi di posisi empat secara berturut-turut. Musim 2018/2019 menjadi momentum anak-anak asuh Juergen Klopp.

Liverpool jadi runner-up di liga musim itu, hanya kalah satu poin dari Manchester City. Tapi gelar juara Liga Champions memberikan keyakinan lebih buat Mohamed Salah dkk, yang akhirnya terbukti dengan titel liga musim ini.

Mourinho memuji kesabaran dan keyakinan manajemen Liverpool terhadap Klopp untuk memimpin proyek mereka. Inilah yang jadi kunci sukses Liverpool.

"Selamat untuk mereka, sudah waktunya buat mereka untuk bersuka cita setelah sekian lama. Jadi sungguh, sungguh, sejujurnya, selamat buat mereka dan tentu saja angka tidak berbohong. Tentu saja mereka layak," ungkap Mourinho dikutip Metro.

"Untuk waktu yang lama, sejak saya sempat mencoba jadi analis, saya sudah bilang pada November bahwa menurut saya mereka akan jadi juara. Saya rasa apa yang mereka lakukan adalah yang harus Anda kerjakan, yakni ketika Anda mempercayai seorang manajer."

"Tidak peduli bagaimana yang Anda lakukan di musim pertama, tidak peduli bagaimana pekerjaan Anda di musim kedua, Anda terus bekerja karena Anda percaya padanya. Jadi Anda terus bekerja bersama-sama. Jadi kalau hasil-hasil di musim pertama tidak bagus, Anda meningkatkannya."

"Kalau hasil-hasil musim kedua tidak juga bagus, Anda terus berkembang. Dan Anda menuju ke musim ketiga, lalu keempat. Dan tentu saja ketika manajernya bagus, dan ketika struktur di belakangnya bagus, dan ketika mereka berhasil melakukan pekerjaan kolektif seperti yang dilakukan Liverpool, hasil-hasilnya tiba."

"Jadi saya rasa itu adalah contoh bagus untuk orang-orang yang berpikir di sepakbola segalanya dikerjakan dalam satu pekan, satu bulan, atau satu tahun. Jadi saya menggandakan pujian saya untuk mereka hanya karena profilnya, dan cara bahwa mereka menerima itu sebagai sebuah proyek di awal. Kerja yang bagus," tandas pria Portugal ini.



Simak Video " Saat Klopp Sebut Mourinho Dulunya Kiper"
[Gambas:Video 20detik]
(raw/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com