sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 06 Jul 2020 15:45 WIB

Duh, Ederson... Kok Kebobolan Kayak Gitu Lagi Sih

Lucas Aditya - detikSport
MANCHESTER, ENGLAND - JULY 02: Ederson of Manchester City looks on in front of the Manchester City fan wall during the Premier League match between Manchester City and Liverpool FC at Etihad Stadium on July 02, 2020 in Manchester, England. Football Stadiums around Europe remain empty due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in all fixtures being played behind closed doors. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Pemain Manchester City Ederson Moraes sudah pernah kebobolan dengan tendangan jarak jauh. ( Foto: Getty Images/Laurence Griffiths)
Jakarta -

Kiper Manchester City, Ederson Moraes, kebobolan gol jarak jauh saat melawan Southampton. Bukan kali ini saja pemain Brasil itu kebobolan seperti ini.

Saat bermain di St Mary Stadium, Selasa (6/7/2020), City menelan kekalahan 0-1. Gol dari Che Adams pada menit ke-16 menjadi penentu kemenangan The Saint.

Pemain belakang City, Oleksandr Zinchenko, gagal menjaga penguasaan bola di daerah permainan sendiri. Adams melihat Ederson tak ada di posnya, hingga dengan jitu menceploskan bola dari jarak 35 meter.

Di musim ini, Ederson pernah kebobolan gol serupa. Momen itu terjadi saat City tumbang 0-2 dari Manchester United.

Di Old Trafford pada 6 Maret, Scott McTominay yang membobol City dengan tendangan jarak jauh. Umpan lemparan Ederson gagal dikuasai pemain City lainnya, McTominay menceploskan bola dengan tendangan jarak jauh.

Memang, sebagai kiper Ederson juga mempunyai fungsi sebagai libero. Dengan fungsi yang diberikan oleh manajer City, Pep Guardiola, itu Ederson acap kali meninggalkan posnya.

Dalam catatan Opta, sepanjang Liga Inggris musim ini Ederson mampu melakukan tiga intersep, sekali takcle, dan 19 kali memenangi duel dengan lawan.

Manajer Southampton, Ralph Hasenhuttl, tahu betul bahwa Ederson sering meninggalkan posnya. Hal itu yang dimanfaatkan Southampton untuk mengalahkan Man City.

"Saat anda mempunyai penjaga gawang seperti dia, yang juga bermain sebagai libero untuk membangun permainan, maka wajar bahwa dia tak selalu ada di posisi sempurna saat anda memenangi memenangi perebutan bola dengan sangat cepat," kata Hasenhuttl di Daily Mail.

"Terkadang tujuan kami adalah untuk memaksa mereka melakukan kesalahan dan bisa mencetak gol dengan cepat," kata dia lagi.

Sejauh ini, Ederson sudah kebobolan 27 gol di Liga Inggris. Ada sebanyak 12 clean sheet yang dicatatkan Ederson, juga ada 61 penyelamatan dari kiper 26 tahun itu.

[Gambas:Opta]



Simak Video "Manchester City Bantai Norwich 5-0"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com