sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 24 Jul 2020 23:00 WIB

Henderson Dinilai Lebih Baik dari De Bruyne, Guardiola Bilang Begini

Bayu Baskoro - detikSport
Jordan Henderson, kapten Liverpool, meraih gelar pemain Premier League 2019/2020 versi Wartawan Inggris (FWA). Jordan Henderson dinobatkan sebagai pemain terbaik liga versi jurnalis Inggris. (Foto: Twitter @theofficialfwa)
Liverpool -

Jordan Henderson mengalahkan Kevin De Bruyne sebagai pemain terbaik liga versi para wartawan Inggris. Pep Guardiola ikut bersuara atas hasil itu. Apa katanya?

Henderson didaulat sebagai pemain terbaik Premier League 2019/2020 oleh Asosiasi Jurnalis Inggris atau biasa disebut FWA (Football Writers's Association), Kamis (24/7/2020). Kapten Liverpool tersebut berada di atas De Bruyne yang menempati peringkat kedua, serta Marcus Rashford pada tempat ketiga.

Pemain 30 tahun itu dinilai FWA mampu menunjukkan kepemimpinan yang mumpuni, serta memiliki semangat yang membara di lapangan. Perannya sebagai kapten tim berhasil membuat rekan setimnya di Liverpool tampil trengginas sejak awal musim, hingga The Reds sukses menyabet gelar Liga Inggris.



Tidak hanya itu, Henderson juga aktif di luar lapangan dengan mengorganisasi gerakan #PlayersTogether yang mengumpulkan donasi dari pesepakbola Inggris buat para tenaga kesehatan di tengah pandemi COVID-19. Upayanya tersebut diakui menjadi contoh kepemimpinan seorang pemain di masa-masa sulit yang melanda seluruh negeri.

Kendati demikian, tidak sedikit penggemar yang mempertanyakan keputusan FWA menobatkan Henderson sebagai pemain terbaik liga. Mereka mengacu pada statistik performa eks gelandang Sunderland itu yang terbilang biasa saja, yakni hanya membukukan 4 gol dan 5 assist dari 30 penampilan di Premier League 2019/2020.

Catatan Henderson itu masih kalah jauh dengan yang dibukukan De Bruyne di liga musim ini. Pemain Manchester City tersebut sudah mempersembahkan 11 gol dan 19 assist dari 34 penampilannya bersama The Citizens.

Guardiola selaku manajer City pun ikut angkat suara terkait pro dan kontra atas dipilihnya Henderson sebagai pemain terbaik versi FWA ketimbang De Bruyne. Menurutnya, kedua pemain tersebut sama-sama tampil luar biasa musim ini.

"[De Bruyne] berbicara buat dirinya sendiri dengan apa yang dia berikan kepada tim kami dan ke Premier League. Tidak perlu lagi mengatakan betapa dirinya adalah pemain yang fantastis," kata Guardiola, dilansir dari Omnisport.

"Pada saat yang sama, selamat buat kapten Liverpool atas penghargaan yang didapatkannya. Dia adalah pemain yang sangat bagus," ujarnya.



Simak Video "De Bruyne Gelandang Terbaik UEFA, Patahkan Dominasi Bayern"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com