sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 29 Jul 2020 21:07 WIB

Dalam Hal Ini, Liverpool Harus Belajar dari Kesalahan Tottenham

Bayu Baskoro - detikSport
Liverpool players celebrate with the English Premier League trophy after it was presented following the Premier League soccer match between Liverpool and Chelsea at Anfield stadium in Liverpool, England, Wednesday, July 22, 2020. (Paul Ellis, Pool via AP) Liverpool disarankan aktif belanja pemain agar tidak terpuruk seperti Tottenham Hotspur. (Foto: AP/Paul Ellis)
Liverpool -

Liverpool disarankan membeli beberapa pemain baru untuk memperkuat skuat mereka. The Reds perlu belajar dari kesalahan Tottenham Hotspur di bursa transfer.

Liverpool tampil trengginas sejak Liga Inggris 2019/2020 bergulir musim panas tahun lalu. Hingga Maret 2020, atau sebelum kompetisi dihentikan akibat COVID-19, klub asal Merseyside itu meraup 27 kemenangan, sekali imbang dan satu kekalahan dari 29 pertandingan.

Performa Liverpool mulai menukik setelah kompetisi digelar kembali pada pertengahan Juni lalu. Sadio Mane dkk menderita dua kekalahan, dua imbang, dan hanya menang lima kali di sembilan laga tersisa.

Meskipun Liverpool sudah mengunci gelar juara di pekan ke-31, tetapi penurunan performa The Reds setelah lockdown menunjukkan kurangnya kedalaman skuat asuhan Juergen Klopp itu. Perbedaan kualitas starting line up Liverpool dengan para pemain cadangannya menjadi perhatian Paul Merson.

Pandit Sky Sports itu menilai, Liverpool harus membeli pemain-pemain baru demi menyeimbangkan kualitas timnya. Merson menyebut aktivitas transfer bakal sangat penting buat Liverpool, demi menghindarkan mereka dari nasib buruk yang dialami Tottenham saat masih di bawah Mauricio Pochettino.

Kala itu, Tottenham hanya mengandalkan kekuatan pemain-pemain utamanya dan tidak aktif dalam bursa transfer. Akibatnya, kualitas skuat The Lilywhites terlihat timpang hingga menyebabkan performa mereka melorot dari musim sebelumnya.

"Saya pikir Liverpool perlu melakukan pembelian, tetapi sulit untuk tahu persis buat di bagian mananya. Spurs memiliki situasi serupa di bawah Pochettino beberapa tahun lalu," kata Merson kepada Sky Sports.

"Mereka memiliki XI yang sangat bagus, sehingga siapa pun yang mereka beli tidak akan banyak bermain. Anda tak bisa hidup seperti itu, anda harus tetap menjaga persaingan dan terus merotasi pemain," imbuhnya.

"Coba lihat Spurs, mereka tidak mengambil kesempatan itu dan akhirnya mereka terkena akibatnya," ujar Merson.

Sejauh ini, Liverpool baru mengeluarkan uang sebesar 7,25 juta paun untuk membeli Takumi Minamino dari RB Salzburg pada awal tahun 2020. Alih-alih membeli pemain tambahan, The Reds justru melepas Adam Lallana dan Dejan Lovren tepat setelah Premier League musim ini berakhir.



Simak Video "Liverpool Cukur Crystal Palace 4 Gol Tanpa Balas"
[Gambas:Video 20detik]
(bay/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com