sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 13 Sep 2020 08:00 WIB

Tentang Selebrasi Tutup Kuping Mo Salah

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpools Mohamed Salah celebrates after he scored his sides fourth goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Leeds United, at the Anfield stadium, in Liverpool, Saturday, Sept. 12, 2020. (Shaun Botterill, Pool via AP) Selebrasi tutup kuping Mohamed Salah usai membobol gawang Leeds United (AP/Shaun Botterill)
Liverpool -

Mohamed Salah mencuri perhatian terkait selebrasinya usai mencetak gol kemenangan Liverpool. Ternyata ada cerita sedih di balik itu.

Salah jadi bintang kemenangan Liverpool saat menghadapi Leeds United di Anfield, Sabtu (12/9/2020) malam WIB. Dia memborong tiga gol dari empat yang dilesakkan ke gawang Leeds.

Bahkan dia mencetak gol yang menentukan kemenangan Liverpool dengan skor 4-3 lewat titik putih di menit ke-88. Usai menjebol jala Leeds, Salah langsung melakukan selebrasi menutup kuping sambil menjulurkan lidahnya.

Mungkin tidak ada yang paham awalnya apa arti selebrasi itu. Banyak yang mengira selebrasi itu adalah tiruan dari perayaan gol para pemain Eropa kebanyakan.

Tapi faktanya tidak seperti itu, ada kesedihan di balik selebrasi tersebut. Ya, Salah melakukan selebrasi itu sebagai tanda penghormatan untuk kompatriotnya di Timnas Mesir sekaligus teman dekatnya, Moamen Zakaria.

Zakaria yang merupakan pemain Al Ahly kini tengah terbaring tak berdaya selama setahun, karena penyakit Amyotrophic Lateral Sclerosis (ALS). Penyakit ini menyerang sel saraf di otak dan sumsum tulang belakang, sehingga membuat Zakaria tidak bisa bermain bola lagi.

Selebrasi tersebut adalah trademark Zakaria yang sudah absen dari lapangan hijau sejak Desember 2018. Tak cuma Salah, rekan-rekan setim Zakaria di Al Ahly juga menirukan selebrasi itu saat menang 3-0 atas Ismaily di Liga Mesir akhir pekan ini.






"Banyak media Mesir membicarakan ini. Zakaria adalah teman Mohamed Salah dan semua pelaku sepakbola di Mesir turut bersimpati untuknya," ujar jurnalis Mesir Mohamed Adam kepada ECHO.

"Itu adalah selebrasi khas Zakaria, sehingga saya yakin Salah melakukannya sebagai penghormatan," sambungnya.

"Selain itu, Zakaria juga menggunakan angka 8 dan gestur tangan Salah itu mengartikan angka 8 dalam bahasa Arab," tutup Adam soal selebrasi tangan Mohamed Salah yang membentuk huruf hijaiyah 8.

(mrp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com