sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Minggu, 13 Sep 2020 10:11 WIB

Van Dijk Golnya Banyak, tapi Suka Bikin Blunder Juga

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpools Virgil van Dijk, center, celebrates after he scored his sides second goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Leeds United, at the Anfield stadium, in Liverpool, Saturday, Sept. 12, 2020. (Paul Ellis, Pool via AP) Virgil van Dijk paling banyak melakukan blunder ketimbang pemain lain sejak 2018/2019 (AP/Paul Ellis)
Liverpool -

Virgil van Dijk menegaskan statusnya sebagai bek tengah paling produktif di Inggris saat ini. Tapi, bicara soal blunder, Van Dijk lumayan sering juga.

Van Dijk mengawali musim bersama Liverpool dengan menghadapi Leeds United di Anfield, Sabtu (12/9/2020) malam WIB. Meski berstatus tim promosi, Leeds benar-benar merepotkan Liverpool.

Sempat tertinggal tiga kali, Leeds tiga kali punya menyamakan skor menjadi 3-3. Dari kubu Liverpool, Salah dua kali bikin gol dan satu lagi dibuat Van Dijk. Sementara Leeds mencetak gol lewat Jack Harrison, Patrick Bamford, dan Mateusz Klich.

Gol kemenangan Liverpool dibuat Salah lewat titik putih pada menit ke-89 sekaligus memberikan start bagus untuk juara bertahan, dengan kemenangan 4-3.

Van Dijk dengan satu golnya itu makin menajamkan catatan golnya sejak gabung Liverpool pada Januari 2018. Ini adalah gol ke-10 Van Dijk bersama Liverpool. paling produktif di antara bek tengah lainnya dalam periode itu.

Hebatnya sembilan dari sepuluh gol Van Dijk itu berasal dari kepalanya, termasuk saat membobol gawang Leeds usai menanduk sepak pojok Andrew Robertson.

Meski demikian, Van Dijk tetap manusia biasa yang punya salah. Pada laga ini, Van Dijk melakukan blunder yang berujung gol kedua Leeds di menit ke-30.

Virgil van Dijk lengah saat membuang bola crossing yang mengarah ke Bamford. Alhasil, sapuannya nanggung dan jatuh di kaki Bamford sehingga mudah saja diceploskan ke gawang.

Leeds United's Patrick Bamford, left, scores his side's second goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Leeds United, at the Anfield stadium, in Liverpool, Saturday, Sept. 12, 2020. (Shaun Botterill, Pool via AP)Van Dijk saat melakukan eror sebelum gol Patrick Bamford Foto: AP/Shaun Botterill

Bagi Van Dijk, ini adalah kesalahan berujung gol ketiga yang dilakukan olehnya selama memperkuat Liverpool. Bahkan dua di antaranya dibuat dalam empat pertandingan terakhirnya. Squawka mencatat, dalam periode sejak 2018/2019, tidak ada pemain non-kiper yang membuat kesalahan lebih banyak ketimbang Van Dijk.



Sebelum ini, Van Dijk juga membuat error saat Liverpool dikalahkan Arsenal 1-2 musim lalu dan saat menghadapi Fulham di musim 2018/2019.

"Ya, saya rasa itu adalah salah satu kesalahan yang saya buat. Situasi yang bisa terjadi kapanpun," ujar Van Dijk kepada BeIN Sports.

"Saya hanya coba tampil sebaik mungkin dan itulah yang saya lakukan. Sayangnya gol itu terjadi karena kesalahan saya, tapi saya tidak khawatir sama sekali," sambung Virgil van Dijk.

Dua pekan ke depan Liverpool akan menghadapi Chelsea dan Arsenal. Kurang-kurangi blunder seperti itu, Virgil!



Simak Video "Operasi Lutut Van Dijk Sukses"
[Gambas:Video 20detik]
(mrp/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com