sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Sabtu, 19 Sep 2020 01:00 WIB

Terungkap, Everton Dapatkan James Rodriguez Secara Gratis dari Madrid

Adhi Prasetya - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 13: James Rodriguez of Everton in action during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Everton at Tottenham Hotspur Stadium on September 13, 2020 in London, England. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) Rodriguez dikabarkan pindah ke Everton secara gratis. Foto: (Getty Images/Catherine Ivill)
Jakarta -

James Rodriguez diberitakan dibeli Everton dari Real Madrid seharga 20 juta Pound. Belakangan, muncul laporan bahwa The Toffees tak mengeluarkan sepeser pun untuk menebus gelandang Kolombia itu. Bagaimana ceritanya?

Adalah klub asal Argentina, Banfield, yang memberi pengakuan itu. Klub yang berbasis di Buenos Aires itu pernah dibela oleh Rodriguez di periode 2008-2010, sebelum dirinya merantau ke Eropa.

Sewaktu Banfield mendapat kabar Rodriguez resmi pindah ke Everton, mereka pun berusaha mencari tahu soal berapa jumlah solidarity payment yang akan mereka terima.

Diketahui, solidarity payment merupakan uang yang akan diterima klub-klub yang pernah menaungi seorang pemain dari usia 12-23 tahun, jika pemain tersebut dalam perjalanan kariernya dibeli klub lain dengan jumlah biaya transfer tertentu.

Besaran solidarity payment bisa mencapai 5 persen dari biaya transfer si pemain. Jumlah itu kemudian dibagi rata kepada klub-klub yang pernah menaungi si pemain tersebut semasa remaja.

Sewaktu bergabung dengan Banfield, James Rodriguez masih berusia 17 tahun. Itu artinya, Banfield juga akan kembali mendapatkan kucuran dana lagi dari transfer Everton, seperti yang pernah mereka dapatkan sebelumnya sewaktu Rodriguez pindah ke AS Monaco ataupun Madrid.

Namun saat hendak dikonfirmasi, Banfield mendapati kabar bahwa mereka tak akan menerima uang solidarity payment dari kepindahan Rodriguez ke Goodison Park. Hal itu memunculkan klaim bahwa sebetulnya Rodriguez pindah secara gratis, dan karenanya tak ada kewajiban dari Madrid untuk memberi solidarity payment kepada Banfield.

"Sayangnya, kepindahan James Rodriguez dari Real Madrid ke Everton tak menghasilkan uang untuk Banfield," ujar bendahara Banfield Ignacio Uzquiza, dalam pernyataan di situs resmi klub.

"Transfer pemain dilakukan tanpa biaya, seolah-olah sang pemain berstatus free agent."

"Konsultasi telah dilakukan kepada kedua klub yang terlibat dan organisasi terkait. Semuanya memberitahu bahwa kami tak akan mendapat uang dari mekanisme solidaritas," jelas pernyataan tersebut.

James Rodriguez telah menjalani debutnya bersama Everton di Liga Inggris, saat mereka mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 pada Minggu (13/9) lalu.



Simak Video "James Rodriguez: Suram di Madrid, Gemilang di Everton"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/bay)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com