sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 21 Sep 2020 04:30 WIB

Debut Manis Thiago Alcantara Bersama Liverpool

Adhi Prasetya - detikSport
LONDON, ENGLAND - SEPTEMBER 20: Thiago Alcantara of Liverpool in action during the Premier League match between Chelsea and Liverpool at Stamford Bridge on September 20, 2020 in London, England. (Photo by Matt Dunham - Pool/Getty Images) Thiago sudah tampil bersama Liverpool. Foto: Getty Images/Pool
London -

Liverpool berhasil menaklukkan Chelsea 2-0 di pekan kedua Liga Inggris. Laga tersebut juga menjadi debut manis Thiago Alcantara bersama The Reds.

Di Stamford Bridge, Minggu (20/9/2020), Thiago memulai laga dari bangku cadangan. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol, namun Liverpool unggul jumlah pemain karena bek Chelsea Andreas Christensen diganjar kartu merah di pengujung babak pertama karena melanggar Sadio Mane.

Dalam situasi itu, manajer Liverpool Juergen Klopp memutuskan memasukkan Thiago sejak awal babak kedua, menggantikan Jordan Henderson. Masuknya Thiago, ditambah keunggulan jumlah pemain, membuat Liverpool kian dominan.

Opta mencatat Thiago melakukan 75 umpan sukses di babak kedua. Jumlah itu bahkan lebih banyak dari pemain Chelsea manapun selama 90 menit jalannya laga.



Liverpool akhirnya menang lewat dua gol Sadio Mane di menit ke-50 dan 54, cuplikan pertandingan bisa disaksikan di Mola TV dengan mengakses link ini. Meski tak berkontribusi langsung dalam gol-gol tersebut, penampilan Thiago selama di lapangan tetap mendapat pujian. Ia mampu mengatur ritme permainan dengan baik.

"Kami memutuskan memasukkan Thiago lebih cepat karena situasi di lapangan sudah 11 melawan 10, dan pemain seperti dia bisa mengatur ritme permainan. Tadi itu merupakan debut sempurna untuknya dan rekan setimnya betul-betul membantunya di lapangan." kata Klopp kepada BBC.

Thiago diketahui diresmikan sebagai pemain Liverpool pada Jumat (18/9) lalu, sehingga waktunya berlatih dengan Liverpool amat terbatas, tapi ia sudah tampil baik melawan Chelsea.

Dalam hal pertahanan, Thiago memiliki sedikit cela karena membuat pelanggaran terhadap Timo Werner di kotak penalti. Namun untungnya penalti Joginho berhasil ditepis oleh Alisson, sehingga kesalahannya tak merusak debutnya.

"Timing-nya bagus. Dia bermain dengan Timnas Spanyol dan berlatih dengan Bayern Munich sebelumnya, jadi kondisinya fit, tak ada masalah. Dia masih perlu membiasakan diri dengan rekan-rekannya, tapi saat kami unggul jumlah pemain, itu menjadi laga yang sempurna untuknya," kata Klopp saat giliran berbicara kepada Sky Sports.

"Saya menyukai permainannya. Untuk urusan bertahan, situasinya masih agak tricky untuknya, tapi saat menyerang, dengan bola di kakinya, itulah dia yang sesungguhnya, dia ingin mengumpan bola," sambungnya.

Pujian juga datang dari Mane. Ia menyebut Liverpool beruntung bisa mendaratkannya ke Anfield.

"Tak cuma saya, seluruh dunia tahu kualitas Thiago, jadi kami beruntung bisa memilikinya di dalam tim kami. Dia pemain yang luar biasa," ujar Mane soal Thiago Alcantara.



Simak Video "Gelandang Anyar Liverpool Thiago Alcantara Positif Corona"
[Gambas:Video 20detik]
(adp/pur)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com