Jangan Bebani Grealish dengan Ekspektasi Tinggi

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 09 Okt 2020 07:45 WIB
LONDON, ENGLAND - OCTOBER 08: Jack Grealish of England in action during the international friendly match between England and Wales at Wembley Stadium on October 08, 2020 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Glyn Kirk - Pool/Getty Images)
Gareth Southgate berharap Jack Grealish tak dibebani ekspektasi tinggi (Foto: Getty Images/Pool)
London -

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate berharap Jack Grealish tak dibebani ekspektasi tinggi. Meski, ia tampil menawan bersama Aston Villa dan Tim Tiga Singa.

Southgate memainkan banyak muka-muka baru saat Inggris mengalahkan Wales 3-0 di Wembley pada laga uji coba internasional, Jumat (9/10/2020) dini hari WIB. Dua debutan Inggris, Dominic Calvert-Lewin dan Conor Coady turut menyumbang gol. Sementara, satu gol lainnya dikemas oleh Danny Ings.

Muka baru lainnya yang diberi kesempatan Southgate menjadi starter di laga ini adalah Jack Grealish. Ini pertama kalinya bintang Villa ini bermain sebagai starter di timnas Inggris setelah melakoni debut bulan lalu kala menghadapi Denmark.

Kepercayaan yang diberikan Southgate ini tak disia-siakan oleh Grealish. Ia menjadi motor serangan Inggris dengan menorehkan satu assist untuk gol Calvert-Lewin.


Dikutip dari WhoScored, Grealish juga mencatatkan persentase umpan akurat sebesar 88 persen di laga ini. Ia turut aktif dalam bertahan dengan membuat satu tekel sukses dan satu sapuan.

Grealish mampu menularkan performa menawannya di Aston Villa ke timnas Inggris. Pekan lalu, ia secara luar biasa mampu mengantarkan The Villains membantai Liverpool 7-2 dengan menyumbang dua gol dan tiga assist.

Meski begitu, Southgate berharap Grealish tak dibebani eskpektasi tinggi kala membela timnas Inggris. Ini karena ia belum lama bermain untuk Tim Tiga Singa.

"Yang dibutuhkan pemain seperti Jack agar berkembang tak sekadar hanya kemampuan individu. Ia juga harus mengenali momen yang tepat untuk memberi bola, ke sisi mana bola harus dilepas dan melihat pemain lain berlari agar dirinya bisa mengirim umpan," ujar Southgate dikutip dari Telegraph.

"Ini akan lebih sulit untuknya memberi dampak nyata dilakukannya di klubnya. Dimana, mereka bermain bersama sepanjang waktu."

"Kami menyadari itu dan tak memberi tekanan karena ini adalah penampilan keduanya. Dia bekerja keras sebelumnya sehingga kami memainkannya," jelasnya.



Simak Video "Hujan Tak Kunjung Berhenti, Banjir di Australia Meluas"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/aff)