sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 19 Okt 2020 17:01 WIB

Siap-siap Beli Bek Tengah Dong, Liverpool

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - OCTOBER 17: Virgil van Dijk of Liverpool speaks with Jurgen Klopp, Manager of Liverpool as he walks off the pitch after picking up an injury during the Premier League match between Everton and Liverpool at Goodison Park on October 17, 2020 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images) Virgil van Dijk cedera, siapa bakal jadi penggantinya? (Getty Images/Catherine Ivill)
London -

Liverpool tak boleh tinggal diam ketika Virgil van Dijk harus absen lama karena cedera. The Reds wajib mendatangkan bek baru Januari nanti.

Bencana untuk Liverpool ketika Van Dijk mengalami cedera saat Derby Merseyside akhir pekan di Goodison Park. Van Dijk diterjang kiper tuan rumah Jordan Pickford dan membuatnya harus ditarik keluar.

Usai pertandingan, Van Dijk menjalani pemeriksaan lebih lanjut di rumah sakit. Hasilnya, bek asal Belanda itu mengalami putus ligamen ACL dan mengharuskannya menjalani operasi.

Operasi itu lantas memakan waktu pemulihan minimal 7-9 bulan, tergantung bagaimana kondisi Van Dijk selama periode itu. Kabar ini tentu tidak diinginkan Liverpool mengingat Van Dijk begitu penting untuk Si Merah.

Dia tak tergantikan di lini belakang Liverpool sejak digaet dari Southampton pada Januari 2018. Van Dijk cuma selalu bermain sebagai starter di premier League bersama Liverpool dengan rasio mencapai 95 persen penampilan.

Selain itu, Van Dijk punya kemampuan untuk mengawali serangan Liverpool lewat umpan-umpan panjangnya dari lini belakang. Van Dijk total tampil 95 kali di Premier League dengan torehan 10 gol dan tiga assist.

Cedera Van Dijk jadi PR besar untuk Juergen Klopp selaku manajer, karena dia cuma punya dua bek senior tersisa, Joe Gomez dan Joel Matip, yang juga rentan cedera. Sementara sisanya adalah pemain muda akademi, yang tentu masih hijau untuk main di Premier League dan berisiko besar.

Meski Fabinho bisa difungsikan di posisi tersebut, jelas itu saja tak cukup. Maka itu Liverpool disarankan untuk terjun di bursa transfer musim dingin nanti untuk mencari bek tangguh pengganti Van Dijk.

"Liverpool harus belanja Januari nanti, bukan cuma soal cedera Van Dijk. Sebab mereka begitu lemah di sektor bek tengah - mereka sudah kehilangan Lovren sebelum musim dimulai - dan pemain lain yang berposisi serupa malah rentan cedera," ujar mantan bek Liverpool, Jamie Carrargher, seperti dikutip Sky Sports.

"Liverpool tentu berpikir sekarang: Siapa yang bisa kami datangkan? Saya tahu bursa transfer baru saja selesai, tapi mereka harus siap untuk memboyong pemain Januari nanti. Itu bisa menghambat misi mereka musim ini," sambungnya.

(mrp/cas)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com