sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Senin, 26 Okt 2020 10:49 WIB

Kalah dari Southampton, Everton Tak Punya Kedalaman Skuad yang Baik?

Putra Rusdi K - detikSport
SOUTHAMPTON, ENGLAND - OCTOBER 25: Players of Everton speak with referee Kevin Friend after Lucas Digne of Everton is shown a red card during the Premier League match between Southampton and Everton at St Marys Stadium on October 25, 2020 in Southampton, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Naomi Baker/Getty Images) Apakah The Toffess tak punya kedalaman skuad yang baik untuk bersaing di papan atas? (Foto: Getty Images/Naomi Baker)
Southampton -

Tak diperkuat beberapa pemain intinya, Everton takluk dari Southampton. Apakah The Toffees tak punya kedalaman skuad yang baik untuk bersaing di papan atas?

Catatan tak terkalahkan Everton di Liga Inggris terhenti di pekan keenam saat bertandang ke markas Southampton. Mereka takluk 2-0 di St Marry Stadium, Minggu (25/10/2020) dini hari WIB.

Dua gol kemenangan The Saint diciptakan oleh James Ward-Prowse (menit ke-27) dan Che Adams (35'). Derita Everton di laga ini bertambah setelah Lucas Digne di kartu merah pada menit ke-72.

Tak sekadar kalah, Everton juga tampak kesulitan mengembangkan serangan. Tim besutan Carlo Ancelotti ini hanya melepas empat tembakan sepanjang laga berbanding jauh dengan Southampton yang membuat 10 tembakan.

Merosotnya performa Everton di laga ini disinyalir karena absennya beberapa pilar mereka. Di laga kontra Southampton, Ancelotti tak bisa memainkan Seamus Coleman, Richarlison dan memilih membangku cadangkan Andre Gomes.

Ben Godfrey, Alex Iwobi dan Gylfi Sigurdsson yang dimainkan tak cukup baik menggantikan peran ketiganya. Hal ini menunjukkan ada ketimpangan kualitas antara pemain inti dan pelapis Everton.

Ancelotti di laga sebelum memang jarang merobak susunan starter Everton saat berlaga di Liga Inggris. Kuartet lini belakang selalu diisi oleh Lucas Digne, Yerry Mina, Michael Keane dan Seamus Coleman.

Hal serupa juga terjadi di lini depan saat trio Richarlison, Dominic Calvert-Lewin dan James Rodriguez tak tersentuh. Kini, ujian sesungguhnya bagi Ancelotti datang untuk mempertahankan Everton di papan atas dengan para pemain inti mereka harus absen.

Bisakah, ia mengikis ketimpangan antara pemain inti dan pelapis Everton di laga berikutnya? Don Carlo sendiri mengakui bahwa Everton tampil buruk di laga kontra Southampton, tapi ia yakin timnya akan bangkit di laga berikutnya.

"Kami tidak melakukannya dengan sangat baik hari ini tetapi kami akan melakukannya dengan baik lagi. Itu bukan hari yang baik untuk kami, atau untukku," ujar Ancelotti dikutip dari situs resmi Everton.

"Kami harus pulang, bersantai, dan mulai Selasa bersiap untuk pertandingan berikutnya.Setiap pertandingan adalah ujian."

"Sekarang kami akan melihat pemain yang bisa bermain melawan Newcastle dan bersiap untuk pertandingan itu," ungkap Ancelotti menambahkan.

(pur/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com