sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 30 Okt 2020 18:47 WIB

Patrick Bamford Dulu Dibuang Chelsea, Kini Bersinar di Leeds

Mohammad Resha Pratama - detikSport
BIRMINGHAM, ENGLAND - OCTOBER 23: Patrick Bamford of Leeds United celebrates after scoring his teams second goal during the Premier League match between Aston Villa and Leeds United at Villa Park on October 23, 2020 in Birmingham, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images) Patrick Bamford lakoni musim pembuktian bareng Leeds United di Premier League (Getty Images/Laurence Griffiths)
Leeds -

Patrick Bamford pernah disia-siakan Chelsea. Kini Bamford kembali ke Premier League untuk membuktikan kualitasnya sebagai penyerang.

Bamford dibeli Chelsea pada 2012 dari Nottingham Forest, tapi tak pernah mendapat kesempatan tampil di tim utama. Dia dipinjamkan ke beberapa klub sebelum akhirnya dilepas ke Middlesbrough pada 2016.

Di klub itu, Bamford cuma tampil sembilan kali dan membuat satu gol sebelum ikut turun ke Championship pada 2017. Nah, di divisi itu, Bamford coba meniti lagi kariernya yang tenggelam bareng Chelsea.

Pada musim keduanya di Boro, Bamford membuat 13 gol dari 44 penampilan. Leeds lantas memboyongnya pada musim panas 2018 untuk membawa mereka naik ke Premier League.

Gagal pada musim pertamanya, Bamford secara statistik juga terbilang biasa saja, yakni 10 gol dari 25 laga. Barulah musim lalu, Bamford moncer di bawah asuhan Marcelo Bielsa dengan mencetak 16 gol dari 47 penampilan.

Leeds dibawanya promosi ke Premier League dan masih diandalkan di lini serang, meski klub sudah mendatangkan Rodrigo Moreno. Bamford membuktikan Leeds tak salah mempercayakan lini depan kepadanya.

Dari enam pertandingan berlalu, Bamford sudah membuat enam gol termasuk hat-trick ke gawang Aston Villa pekan lalu. Selain itu, Bamford juga sudah membuat dua assist.

Penampilan Bamford ini berhasil membawa Leeds bersaing di 10 besar klasemen saat ini. Apa yang ditunjukkan Bamford seperti jadi bukti bahwa Chelsea dan klub-klub terdahulu sudah menyia-nyiakan bakatnya.

"Tentu saja saya ingin membuktikan diri di sini. Saya punya peran penting, lebih sering bermain, dan sebelum ini saya tidak pernah mendapat kesempatan tampil di Premier League," ujar Patrick Bamford kepada Sky Sports.

"Mungkin banyak orang yang meragukan saya, tapi yang terpenting adalah membuktikan kepada diri sendiri. Saya selalu yakin bahwa saya bisa bermain di level seperti ini, jadi ini lebih kepada membuktikan diri bahwa saya bisa tampil oke di sini," sambungnya

"Saya senang jika hat-trick saya menghadapi Villa cuma gol-gol biasa! Gol kedua benar-benar luar biasa, sementara gol ketiga lebih spesial karena itu berka kerjasama tim, dimulai dari kiper dan kami membangun serangan dengan baik."

"Saya harus bisa tampil lebih rileks karena itu membantu sekali saya sebagai seorang penyerang, saat menghadapi situasi seperti itu."

(mrp/nds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com