sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Rabu, 25 Nov 2020 18:00 WIB

Liverpool Ibarat Orkestra, Firmino Mainkan 12 Instrumen

Mohammad Resha Pratama - detikSport
Liverpools Roberto Firmino celebrates after scoring their sides third goal during the English Premier League soccer match between Liverpool and Leicester City at Anfield stadium in Liverpool, England. Saturday, Nov. 22, 2020. (Laurence Griffiths/Pool via AP) Roberto Firmino begitu penting perannya untuk Liverpool (AP/Laurence Griffiths)
Liverpool -

Juergen Klopp tak habis-habisnya memuji peran penting Roberto Firmino di Liverpool. Diibaratkan orkestra, Firmino memegang banyak instrumen di dalam tim.

Firmino memang mencetak gol saat Liverpool mengalahkan Leicester 3-0 di Anfield akhir pekan kemarin. Tapi, gol itu adalah gol keduanya musim ini dari total 13 penampilan di seluruh kompetisi.

Bukan statistik yang oke untuk Firmino yang jadi andalan di lini serang Liverpool. Ketika Diogo Jota langsung tokcer dengan sumbangan 8 gol, Firmino seperti mulai dilupakan dan banyak yang meminta Klopp untuk mencadangkannya.

Menurut publik, Firmino tak bisa lagi diandalkan untuk mencetak gol. Tapi, lagi-lagi Klopp membela Firmino habis-habisan. Menurutnya, Firmino tak bisa diukur sekadar dari gol atau assist, karena perannya begitu penting untuk permainan tim.

"

Tim layaknya orkrestra, Anda butuh banyak orang untuk memainkan instrumen berbeda," ujar Klopp seperti dikutip ESPN.

"Beberapa ada yang suaranya lantang, beberapa tidak, tapi mereka semua penting untuk ritme musik dan Bobby itu sangat penting sekali. Ibaratnya dia bisa memainkan 12 instrumen dalam orkestra kami dan dia sangat penting untuk ritme permainan tim," sambung Klopp.

"Bobby memang bisa bermain tanpa mereka juga, tapi saya melihat semua pemain yang ada di lapangan dan jika Anda menghitung angkanya, saya sangat menyukainya. Memang penting bagi Bobby untuk bikin gol, tapi dia itu pemain yang lengkap dan saya tidak khawatir sama sekali soal dia. Saya sudah tahu sejak lama, bahwa dia pasti akan bikin gol kok."

"Golnya saat menghadapi Leicester sangatlah penting, tapi yang saya suka sekali adalah reaksi para pemain saat gol tercipta. Kami selalu merayakan gol, tapi gol itu begitu emosional karena para pemain membaca koran dan melihat Firmino dikritik. Jadi mereka sangat senang Bobby bisa bikin gol."

"Tapi ketika Anda melihat cara kami bermain, Anda pasti tahu betapa pentingnya Bobby untuk kami," tutup Klopp.

Liverpool akan menghadapi Atalanta di matchday keempat Liga Champions, Kamis (26/11) dini hari WIB nanti. Bisakah Roberto Firmino bikin gol lagi?

(mrp/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com