sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 26 Nov 2020 22:00 WIB

Liverpool dan London Boleh Didatangi Fans, Manchester Masih Dilarang

Mohammad Resha Pratama - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - OCTOBER 31: General view inside the stadium as Liverpool players observe a minutes silence in memory of former England player, Nobby Stiles MBE, as well as to mark Armistice Day prior to the Premier League match between Liverpool and West Ham United at Anfield on October 31, 2020 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Jon Super - Pool/Getty Images) Anfield mulai bisa didatangi penonton pada 5 Desember saat menghadapi Wolves (Getty Images/Pool)
Liverpool -

Kabar baik untuk fans klub di Liverpool dan London karena akan dizinkan untuk datang ke stadion. Sementara, fans di Manchester masih dilarang. Kenapa?

Pemerintah Inggris melalui Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan bahwa lockdown nasional di Inggris berakhir pada 2 Desember mendatang. Pertandingan olahraga di Inggris boleh kembali dihadiri oleh penonton dengan beberapa ketentuan yang berlaku.

Ketentuan tersebut dibagi dalam tiga tingkatan, yakni Tier 1, Tier 2 dan Tier 3. Pada wilayah Tier 1 maksimal penonton yang boleh hadir di stadion adalah 4.000, sedangkan di wilayah Tier 2 boleh dihadiri maksimal 2.000 penonton.

Untuk wilayah Tier 3 laga masih bakal dilangsungkan tanpa penonton karena dianggap wilayah yang dinilai masih berisiko tinggi COVID-19.

Nah, dikutip Sky Sports, belum ada satupun wilayah di Inggris yang masu klasifikasi Tier 1, karena dianggap penularan COVID-19 masih mungkin terjadi.

Meski demikian, ada beberapa kota yang dinilai sudah memenuhi kriteria untuk masuk ke Tier 2, yakni kota Liverpool dan London. Untuk Liverpool, ini merupakan kabar baik karena sebelumnya kota itu masuk Tier 3.

Ini artinya Liverpool bisa mulai didatangi fans saat menjamu Wolverhampton pada 5 Desember dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Demikian juga dengan Everton yang akan menjamu Chelsea sepekan setelahnya.

Sementara, tim-tim asal London seperti Arsenal, Chelsea, Tottenham Hotspur, Crystal Palace, Fulham, dan West Ham United juga bisa didampingi penonton, meski maksimal cuma 2.000 orang.

Hal ini tentu jadi kabar baik karena klub-klub tak cuma mendapat dukungan fans kesayangan, tapi klub bisa memperoleh pemasukan dari tiket pertandingan.

Sayangnya, tim-tim dari Greater Manchester dan sekitarnya seperti Manchester City, Manchester United, Aston Villa, Newcastle, Leeds United, Leicester City, dan Wolverhampton, masih dalam kategori berbahaya. Sehingga fans tidak diperbolehkan datang dulu.

Nantinya Pemerintah Inggris akan meninjau secara berkala status setiap kota, dengan penilaian berikutnya dilakukan pada 16 Desember.

(mrp/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com