Guardiola Sudah 1.000 Poin di Liga, Rasio Terburuknya di Man City

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Senin, 30 Nov 2020 16:15 WIB
Manchester Citys head coach Pep Guardiola gives instructions to his players during the English Premier League soccer match between Manchester City and Burnley at the Etihad stadium in Manchester, England, Saturday, Nov. 28, 2020. (Michael Regan/Pool via AP)
Pep Guardiola sudah 1.002 poin selama kariernya di liga (AP/Michael Regan)
Manchester -

Ada pencapaian apik Pep Guardiola saat Manchester City mengalahkan Burnley 5-0. Pep sudah mengumpulkan 1.000 poin selama kariernya di liga. Top!

Menjamu Burnley di Etihad Stadium, Minggu (29/11/2020) dini hari WIB, City mengamuk dan memberondong lima gol ke gawang Burnley tanpa balas. Riyad Mahrez jadi bintang lewat torehan hat-trick, sementara dua sisanya dibuat Benjamin Mendy dan Ferran torres.

Ini adalah kemenangan terbesar City musim ini setelah hanya mampu mencetak satu gol di enam pertandingan liga beruntun. City pun mampu naik ke papan tengah klasemen Liga Inggris dengan 15 poin di posisi ke-10 klasemen.

Pep pun bisa bernapas lega sejenak setelah tekanan yang mengarah kepadanya, karena performa buruk City musim ini. Apalagi City memang lagi kesulitan bikin karena cedera yang menimpan Gabriel Jesus dan Sergio Aguero.

Ada satu catatan positif yang dibuat Pep di pertandingan ini. Dia total sudah mengumpulkan 1.002 poin di liga selama kariernya sebagai pelatih mulai dari Barcelona, Bayern Munich, dan kini di City.



Catatan poin terbanyak ada di Barcelona dengan 373 poin dari 152 poin, lalu disusul City dengan 373 poin dari 161 laga, dan 257 poin di Bayern dari 102 pertandingan.

Meski demikian jika diurut, periode terburuk Guardiola ada di City karena rataan poinnya cuma 2,31 poin per pertandingan. Sementara di atasnya ada Barcelona dengan rataan 2,45 poin per laga, dan yang terbaik ada di Bayern dengan 2,52 poin per laga.

Dicatat Transfermarkt, Pep Guardiola memang tidak begitu oke di City dari segi statistik karena rataan poinnya cuma 2,33 poin dari total 248 laga di seluruh di kompetisi.

Sementara di Barcelona, Pep punya 2,36 poin per pertandingan dari total 247 pertandingan. Di Bayern, karena hanya melatih 161 pertandingan, rataan poin Guardiola sekitar 2,41 per laga.

(mrp/raw)