Mikel Arteta di Ujung Tanduk, Xavi Minat Latih Arsenal lo

Kris Fathoni W - Sepakbola
Kamis, 24 Des 2020 14:25 WIB
DOHA, QATAR - DECEMBER 05:  Generation Amazing Ambassador, Xavi Hernandez speaks on day two of the Soccerex Asia on December 5, 2016 in Doha, Qatar.  (Photo by Tom Dulat/Getty Images)
Mikel Arteta di Ujung Tanduk, Xavi Minat Latih Arsenal lo. (Foto: Getty Images/Tom Dulat)
Jakarta -

Nasib Mikel Arteta di Arsenal sedang di ujung tanduk. Sebuah ucapan Xavi Hernandez yang membuka peluang melatih Arsenal pun kembali ramai dibicarakan.

Arsenal sedang melewati periode buruk di bawah arahan Arteta. Hasil itu tak ayal membuat masa depan pria asal Spanyol tersebut, yang menangani the Gunners sejak 22 Desember tahun lalu, terus diselimuti spekulasi.

Saat ini Arsenal sedang melaju dalam empat laga beruntun tanpa kemenangan di seluruh kompetisi, sejak menang 4-2 atas Dundalk di Liga Europa. Teranyar, Meriam London tersingkir dari Piala Liga Inggris usai takluk 1-4 atas Manchester City.

Pada akhir pekan, Arsenal-nya Mikel Arteta sudah ditunggu Chelsea di partai Premier League. Jika kembali mengakrabi hasil negatif, masa depan Arteta diprediksi bakal kian menghadirkan tanda tanya.

Di tengah-tengah spekulasi masa depan Mikel Arteta di Arsenal, sebuah ucapan dari Xavi pun kembali ramai dibahas. Ucapan legenda Barcelona itu sendiri sebenarnya terlontar medio Agustus lalu. Tapi muncul lagi seiring situasi di Arsenal.

Saat itu Xavi ditanya mengenai kemungkinan melatih di Premier League. Pria yang kini menangani klub Qatar Al Sadd itu mengaku cuma mau melatih tim besar dan membeberkan klub-klub yang ia maksud. Menariknya, Xavi tak menyertakan Liverpool.

"Tentu saja jika aku harus memilih, aku akan memilih tim besar. (Manchester) City atau (Manchester) United, Chelsea, Arsenal, atau Tottenham (Hotspur)," ujar Xavi ke Sky Sports pada saat itu.

"Apalagi sudah ada banyak orang yang melatih di sana dan melakukan pekerjaan luar biasa seperti (Juergen) Klopp dan (Mauricio) Pochettino, dan Unai Emery."

Menarik pula untuk dicermati bahwa Unai Emery yang disebut oleh Xavi itu adalah mantan pelatih Arsenal yang kena pecat pada 29 November 2019. Freddie Ljungberg sempat jadi pelatih sementara sebelum kemudian Mikel Arteta ditunjuk.

(krs/ran)