Arteta Sampai Pusing Mikirin Arsenal

Novitasari Dewi Salusi - Sepakbola
Selasa, 29 Des 2020 08:25 WIB
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 06: Mikel Arteta, Manager of Arsenal reacts during the Premier League match between Tottenham Hotspur and Arsenal at Tottenham Hotspur Stadium on December 06, 2020 in London, England. A limited number of fans (2000) are welcomed back to stadiums to watch elite football across England. This was following easing of restrictions on spectators in tiers one and two areas only. (Photo by Glyn Kirk - Pool/Getty Images)
Mikel Arteta kesulitan memahami mengapa Arsenal jeblok musim ini (Foto: Getty Images/Pool)
London -

Mikel Arteta mengakui pekerjaan sebagai manajer jauh lebih berat daripada menjadi pesepakbola. Dia sampai pusing memikirkan bagaimana bisa Arsenal jeblok.

Setelah gantung sepatu pada 2016, Arteta memulai kariernya sebagai pelatih dengan menjadi asisten Pep Guardiola di Manchester City. Dia kemudian diangkat sebagai manajer Arsenal pada Desember 2019.

Arteta kemudian menutup musim 2019/2020 dengan positif. Eks pemain Everton itu mengantar The Gunners menjuarai Piala FA dengan mengalahkan Chelsea di babak final.

Namun, Arteta kemudian menghadapi masa sulit pada musim 2020/2021 ini. Arsenal menurun drastis dan tertatih-tatih di Premier League.

Pierre-Emerick Aubameyang dkk sempat melewati tujuh pertandingan tanpa kemenangan sebelum akhirnya mendapat hasil positif atas Chelsea pada akhir pekan kemarin. Meski demikian, Arsenal masih belum beranjak dari peringkat ke-15 klasemen Liga Inggris.

Mikel Arteta mengaku sampai pusing memikirkan bagaimana Arsenal bisa menurun drastis musim ini.

"Pernahkah saya tak bisa tidur? Ya, pekerjaan ini 24/7. Pekerjaan ini jauh lebih berat daripada jadi pemain. Ada banyak hal eksternal juga, sangat menantang," ujar Arteta seperti dilansir Mirror.

"Banyak persoalan dan ketika hasil menghantam Anda seperti itu, Anda kadang tidak bisa menemukan alasan yang tepat untuk mengerti kenapa kami kalah, ketika kami menampilkan apa yang kami tampilkan. Ini bikin sakit kepala."

"Tapi begitu juga indahnya permainan ini, menemukan cara untuk melakukan sesuatu secara berbeda. Tanggung jawab saya adalah memotivasi para pemain, menjaga mereka tetap kompak, menjaga semangat tim, bahkan ketika Anda tidak menang."

"Itu bukan hal yang mudah dan membutuhkan banyak energi dan kadang ketika Anda frustrasi dan sedih, Anda harus menemukan waktu untuk mengatasinya."

"Cara saya adalah dengan menghabiskan waktu bersama keluarga dan semua orang yang ada di sini bersama saya di klub, para petinggi, Edu, mereka semua sangat suportif dan itu sangat membantu," kata Arteta menambahkan.

Arsenal selanjutnya akan menghadapi Brighton & Hove Albion dalam lanjutan Premier League, Rabu (30/12/2020) dini hari WIB. Laga Brighton vs Arsenal akan disiarkan secara langsung oleh Mola TV dan bisa disaksikan lewat link streaming ini.



Simak Video "Pochettino Incar Striker Andalan, Arteta Aman Atau Berakhir?"
[Gambas:Video 20detik]
(nds/yna)