sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 05 Jan 2021 16:38 WIB

Aubameyang Kenapa?

Rifqi Ardita Widianto - detikSport
LONDON, ENGLAND - DECEMBER 13: Pierre-Emerick Aubameyang of Arsenal during the Premier League match between Arsenal and Burnley at Emirates Stadium on December 13, 2020 in London, England. A limited number of spectators (2000) are welcomed back to stadiums to watch elite football across England. This was following easing of restrictions on spectators in tiers one and two areas only. (Photo by Catherine Ivill/Getty Images ) Pierre-Emerick Aubameyang melempem di musim ini. (Foto: Getty Images/Catherine Ivill)
Jakarta -

Pierre-Emerick Aubameyang melempem di musim ini. Padahal musim lalu begitu tajam. Rio Ferdinand yang mengaguminya sampai heran Aubameyang berubah drastis.

Aubameyang musim lalu tampil sangat tajam, mencetak 22 gol di 36 penampilan di Liga Inggris dan hanya kalah satu gol dari top skor Jamie Vardy. Di seluruh ajang, penyerang asal Gabon itu membukukan 29 gol dari 44 pertandingan.

Tapi musim ini ia begitu seret gol. Baru tiga gol dibuat dari 15 penampilan di Premier League. Sementara di 17 laga semua kompetisi, baru lima gol didapatkannya.

Sepinya gol-gol dari Aubameyang ini pula yang sedikit banyak memengaruhi performa Arsenal. Di Liga Inggris, The Gunners sempat hanya sekali menang di 10 pertandingan beruntun, menelan tujuh kekalahan, sebelum akhirnya bangkit di tiga partai terakhir.

Kini tercecer di urutan 11, Arsenal dinilai perlu fokus membuat Aubameyang bisa mendulang gol-gol lagi. Mantan bek Manchester United Rio Ferdinand mengaku heran pemain yang sangat bagus dalam menyelesaikan peluang bisa sedemikian mandulnya.

"Aubameyang punya masalah apa sih? Bagaimana bisa dia berubah dari salah satu penyerang paling kuat di Premier League, kalau bukan di Eropa, menjadi seperti sekarang? Bagaimana itu terjadi? Ini bukan Aubameyang yang saya tahu. Entah bagaimana fans Arsenal membelanya," ungkapnya di kanal Youtube, FIVE.

"Inilah hal terpenting buat Mikel Arteta, yang terpenting untuk dilakukan Arteta sekarang adalah membuatnya bisa bermain lagi. Dia punya semua prospek muda dan menarik di tim, Anda cuma ingin Aubameyang juga bisa melakukan aksi-aksinya."

"Saya suka Aubameyang, menurut saya dia adalah pemain luar biasa yang saya ingin punya di tim saya. Saya akan senang kalau Manchester United membelinya sebelum dia ke Arsenal. Menurut saya dia pemain yang top dan penyelesai peluang yang gila. Yang dilakukannya musim lalu itu tak tertandingi, tapi musim ini Arsenal perlu membuatnya tajam lagi, sesegera mungkin," kata Rio Ferdinand.

(raw/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com