Awas Liverpool, MU Akan Sikat Sisi Kananmu!

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 12 Jan 2021 20:55 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - MARCH 10: Marcus Rashford of Manchester United turns Alexander-Arnold Trent of Liverpool on his way to scoring the opening goal during the Premier League match between Manchester United and Liverpool at Old Trafford on March 10, 2018 in Manchester, England.  (Photo by Laurence Griffiths/Getty Images)
Marcus Rashford akan cecar Trent Alexander-Arnold di sisi kanan permainan Liverpool (Getty Images/Laurence Griffiths)
Liverpool -

Liverpool diminta mewaspadai satu hal demi bisa mengatasi Manchester United pekan ini. Lemahnya sisi kanan pertahanan wajib diperbaiki The Reds.

Liverpool akan menghadapi laga terbesarnya musim ini saat menjamu MU di Anfield, Minggu (17/1/2021) dini hari WIB. Liverpool wajib memenangi partai itu mengingat MU bisa jadi datang ke sana dalam status pemuncak klasemen.

Sebab, Setan Merah punya satu laga sisa Rabu dini hari WIB nanti menghadapi tuan rumah Burnley dan diprediksi bisa meraih tiga poin. Dengan demikian, MU akan menyalip Liverpool di puncak dengan keunggulan tiga poin.

Maka dari itu Liverpool tidak boleh main-main di Northwest Derby akhir pekan ini, jika tak ingin tertinggal makin jauh dari MU. Sebagai tuan rumah, Liverpool jelas diuntungkan karena kualitas para pemainnya.

Tapi, patut diingat kalau performa mereka di liga lagi jelek, tiga partai tanpa kemenangan dan cuma membuat satu gol. Tantangan lain buat Liverpool adalah memperbaiki koordinasi di lini belakang khususnya di sektor kanan.

Seperti diketahui, Liverpool memang lemah di sektor itu mengingat Trent Alexander-Arnold kerap meninggalkan posnya terlalu jauh sehingga telat untuk menutup counter attack lawan. Belum lagi, Liverpool akan memainkan salah satu dari dua bek mudanya, Rhys Williams atau Nathaniel Philiips, menemani Trent.

Ini bisa jadi sektor yang akan dicecar Manchester United lewat serangan balik cepat yang mengandalkan Luke Shaw atau Alex Telles, serta tentunyar Marcus Rashford. Rashford sendiri pernah membuat Trent kerepotan pada pertemuan di Old Trafford dua tahun lalu.

"Saya rasa ini akan jadi laga yang sangat terbuka dan mereka tahu betul titik lemah kami dengan melepaskan bola-bola panjang ke ruang yang ditinggalkan dua bek muda Rhys Williams atau Nat Phillips dan Trent Alexander-Arnold," ujar mantan penyerang Liverpool John Aldridge kepada Liverpool Echo.

"Itulah yang tim akan lakukan, mereka akan menyasar sektor itu karena dua bek sayap kami akan maju dan mengambil keuntungan dari situ, sehingga kami akan kesulitan," sambungnya.

"Kami kebobolan juga saat menghadapi Villa dari sektor itu, kami juga kesulitan menghadapi West Brom juga di sektor itu."

"Di kiri sih aman-aman saja, karena Fabinho mampu menjaga dengan baik, tapi akan sangat sulit untuk para pemain muda, meski kini mereka tampil luar biasa."

"Tim punya banyak pemain berkualitas dan pengumpan yang bisa menempatkan bola di area itu untuk dikejar pemain lawan - Marcus Rashford akan melakukan itu," ujarnya merujuk andalan Manchester United yang biasa menusuk dari sektor sayap dan bisa jadi ancaman Liverpool.

(mrp/krs)