sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Selasa, 19 Jan 2021 10:00 WIB

Saka dan Smith Rowe, Duo Meriam Muda yang Mulai Meledak

Putra Rusdi K - detikSport
LONDON, ENGLAND - JANUARY 09: Emile Smith Rowe of Arsenal celebrates with teammates (L-R) Bukayo Saka and Cedric Soares after scoring their sides first goal during the FA Cup Third Round match between Arsenal and Newcastle United at Emirates Stadium on January 09, 2021 in London, England. The match will be played without fans, behind closed doors as a Covid-19 precaution. (Photo by Julian Finney/Getty Images) Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe menjadi bintang muda Arsenal yang menjanjikan (Foto: Getty Images/Julian Finney)
London -

Bukayo Saka dan Emile Smith Rowe tampil menawan saat Arsenal saat mengalahkan Newcastle United. Dua Meriam Muda ini bersiap untuk terus meledak.

Arsenal menang meyakinkan 3-0 atas Newcastle United di Emirates Stadium pada lanjutan Liga Inggris, Selasa (19/1/2021) dini hari WIB. Tiga gol Arsenal lahir dari brace dari Pierre-Emrick Aubameyang (menit ke-50 dan 77') serta torehan Bukayo Saka (60').

Selain Aubameyang yang mampu membuat dua gol, sosok lain yang mencuri perhatian di laga ini adalah duo Meriam Muda Arsenal, Emile Smith Rowe (20 tahun) dan Bukayo Saka (19 tahun). Kolaborasi mereka menghasilkan gol kedua The Gunners.

Tusukan Smith Rowe dari sisi kiri yang kemudian melepas umpan tarik mampu dituntaskan oleh Saka lewat sepakan terukur. Eksplosivitas keduanya memang menjadi momok bagi lini belakang The Magpies.

Kecepatan Saka begitu sulit dibendung di sisi kanan. Dikutip dari Opta, ia memenangi empat kali duel membuat tiga peluang dan melepas tiga umpan silang silang.

Sementara, Smith Rowe yang bermain di belakang penyerang tampil kreatif mengkreasi serangan Arsenal. Ia total melepas 55 umpan dengan empat di antaranya adalah umpan kunci.

[Gambas:Opta]

Arteta mengaku puas dengan performa kedua pemain mudanya ini di laga kontra Newcastle. Ia menegaskan bahwa tugas Arsenal saat ini menjaga para bintang mudanya agar tak terbebani ekspektasi tinggi yang disandang mereka.

"Saya tahu apa yang mampu mereka lakukan. Mereka membuat saya tersenyum. Itu adalah berkah bagi mereka dan tim," ujar Arteta dikutip dari BBC.

"Penampilan mereka luar biasa. Ekspektasi untuk mereka jelas akan tinggi maka kami harus mengarahkan mereka ke jalan yang benar."

"Ini adalah campuran energi, gairah, dan sedikit ketidakdewasaan yang bagus di saat-saat tertentu karena mereka tidak tegang. Mereka melakukannya dengan sangat baik," jelas pria asal Spanyol ini.

Saka dan Smith Rowe kini perlahan menjadi andalan untuk Arsenal. Saka telah membuat empat gol dan satu assist dan Liga Inggris, sedangkan Smith-Rowe sudah mampu menorehkan tiga assist.

(pur/adp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com