sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Kamis, 21 Jan 2021 22:05 WIB

Arteta Berat Melepas Oezil, tapi ...

Novitasari Dewi Salusi - detikSport
LONDON, ENGLAND - JANUARY 01: Mikel Arteta, Manager of Arsenal embraces Mesut Ozil of Arsenal after the Premier League match between Arsenal FC and Manchester United at Emirates Stadium on January 01, 2020 in London, United Kingdom. (Photo by Julian Finney/Getty Images) Manajer Arsenal Mikel Arteta mengaku melepas Mesut Oezil adalah keputusan berat (Foto: Getty Images/Julian Finney)
London -

Mesut Oezil meninggalkan Arsenal untuk gabung Fenerbahce. Meski bukan keputusan mudah, Mikel Arteta rela membiarkan Oezil pergi.

Oezil sudah mendapat izin dari Arsenal untuk terbang ke Istanbul pada Minggu (17/1/2021) malam waktu setempat. Dia akan menuntaskan kepindahannya ke Fenerbahce pada bursa transfer Januari ini.

Gelandang berkebangsaan Jerman itu hengkang dari Emirates Stadium setelah tersisih dari skuad Arsenal. Namanya sama sekali tidak terdaftar di skuad Meriam London untuk kompetisi pada musim 2020/2021.

Oezil pun sudah sangat lama tidak main untuk Arsenal. Kali terakhir dia tampil dalam seragam The Gunners adalah pada Maret 2020 saat Arsenal menghadapi Crystal Palace di Premier League.

Mikel Arteta mengaku melepas Mesut Oezil bukan sesuatu yang mudah. Namun, dia akhirnya merelakan kepergian gelandang 32 tahun itu karena tak bisa terus-terusan membiarkannya tidak bermain.

"Ya, untuk banyak alasan," kata Arteta saat ditanya apakah melepas Oezil merupakan hal yang sulit, seperti dilansir BBC.

"Ada sejarah di sini apa yang terjadi dalam beberapa tahun terakhir. Bagaimana segalanya berkembang dan bagaimana tim berevolusi untuk masa depan dan posisinya di klub."

"Seorang pemain dengan peran begitu penting dan tidak ada di skuad... ini benar-benar situasi yang sulit dipertahankan untuk kedua pihak."

"Si pemain ingin main dan kami tidak bisa memberinya waktu bermain dan jelas situasi itu harus diselesaikan," kata Arteta.

Mesut Oezil direkrut Arsenal dari Real Madrid pada 2013. Selama memperkuat Arsenal, Oezil tampil 254 kali di semua kompetisi, menyumbang 44 gol dan 77 assist.

"Dia adalah pesepakbola hebat, dia benar-benar berbakat. Dia adalah pemain yang sudah memberi banyak untuk klub, tapi untuk saat ini saya ingin membawa tim ke arah yang berbeda," lanjut Arteta soal Oezil.

"Kalau kami punya opsi lebih, mungkin dia jadi bagian dari beberapa rencana. Dia sempat jadi bagian dari rencana di awal dan pada akhirnya tidak lagi," katanya.

(nds/aff)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com