sepakbola
Follow detikSport Follow Linkedin
Jumat, 22 Jan 2021 11:20 WIB

Soal Penalti Burnley, Klopp: Alisson Bilang Tak Sentuh Lawan

Okdwitya Karina Sari - detikSport
LIVERPOOL, ENGLAND - JANUARY 21: Ashley Barnes of Burnley is fouled by Alisson Becker of Liverpool leading to a penalty being awarded during the Premier League match between Liverpool and Burnley at Anfield on January 21, 2021 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Jon Super - Pool/Getty Images) Kiper Liverpool Alisson mengatakan kepada manajer Juergen Klopp bahwa dia tidak melanggar lawan. (Foto: Getty Images/Pool)
Liverpool -

Kekalahan Liverpool dari Burnley diwarnai penalti kontroversial. Manajer Liverpool Juergen Klopp mengatakan Alisson yakin tak melanggar pemain lawan.

The Reds secara mengejutkan tumbang 0-1 di tangan Burnley dalam lanjutan Liga Inggris, Jumat (22/1/2021) dinihari WIB. Kekalahan itu menandai berakhirnya keperkasaan Liverpool di Anfield setelah tidak terkalahkan sejak April 2017.

Kemenangan Burnley ditentukan oleh penalti Ashley Barnes di menit ke-83. Saat mengejar bola hasil sundulan rekannya di kotak penalti, Barnes jatuh ketika berhadapan dengan Alisson yang buru-buru meninggalkan gawangnya.

Wasit Michael Dean langsung menunjuk titik putih yang disambut dengan protes Alisson. Rekaman pertandingan memperlihatkan bahwa Alisson tampak melakukan kontak dengan Barnes. Akan tetapi, kiper Brasil itu menepis anggapan itu.

Pada akhirnya, Burnley tidak menyia-nyiakan hadiah penalti itu. Barnes melepaskan tendangan 12 pas yang bisa ditebak Alisson, namun aliran bola terlalu deras sehingga tetap menembus gawang Liverpool. Skor berubah menjadi 1-0 yang bertahan sampai laga bubar.

"Kami banyak menguasai bola, menciptakan beberapa peluang dan tidak menamatkan pertandingannya. Hal itu membuat pertandingan tetap terbuka dan kemudian mereka mendapatkan penaltinya," Klopp mengatakan di Metro.

"Alisson bilang dia tidak menyentuhnya. Namun, saya belum melihatnya sih."

Hasil itu memperpanjang tren negatif Liverpool di Premier League. Alisson cs sudah tidak menang di lima pertandingan terakhirnya dengan tiga hasil seri dan dua kekalahan. Dengan demikian, Liverpool kini mengoleksi 34 poin hasil 19 laga, tertinggal enam poin dari Manchester United di puncak dan empat poin dari Manchester City (2), yang masih memainkan 18 laga.

Misi bangkit Liverpool akan menemui tantangan besar di laga selanjutnya. Pasukan Juergen Klopp ini akan bertandang ke markas Tottenham Hotspur pada pekan depan.

(rin/krs)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detiksepakbola.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com