Alasan Tuchel Pasang Kepa Arrizabalaga Gantikan Edouard Mendy

Afif Farhan - Sepakbola
Selasa, 16 Feb 2021 11:05 WIB
Chelseas goalkeeper Kepa Arrizabalaga gestures during the English Premier League soccer match between Brighton and Chelsea at Falmer Stadium in Brighton, England, Monday, Sept. 14, 2020. (Glynn Kirk/Pool via AP)
Alasan Tuchel Pasang Kepa Arrizabalaga Gantikan Edouard Mendy (AP/Glynn Kirk)
London -

Thomas Tuchel menurunkan Kepa Arrizabalaga kala Chelsea menjamu Newcastle United di Liga Inggris. Ada apa dengan Edouard Mendy, Tuchel?

Chelsea vs Newcastle United digelar di Stamford Bridge, Selasa (16/2/2021) dini hari WIB dalam lanjutan Liga Inggris. The Blues memetik kemenangan 2-0 berkat gol Olivier Giroud dan Timo Werner yang dicetak di babak pertama.

Chelsea kini naik ke posisi keempat Klasemen Liga Inggris sementara dengan 42 poin. Newcastle di posisi ke-17 atau satu tingkat di atas zona degradasi dengan 25 angka.

Dalam laga tersebut, Kepa Arrizabalaga turun sebagai starter. Inilah kali pertama kiper asal Spanyol itu bermain lagi di Liga Inggris, sejak Juli 2020.

Kepa tampil apik. Dirinya mampu mengamankan gawang Chelsea dari empat shots on target Newcastle United.

Mengapa manajer Chelsea, Thomas Tuchel mencadangkan Edouard Mendy dan memasang Kepa Arrizabalaga?

"Mendy sedang memulihkan mentalitasnya," kata Tuchel kepada Sky Sports.

"Kiper adalah posisi yang menuntut secara mental dan konsentrasi penuh. Mendy tetap kiper pertama kami," lanjutnya.

Thomas Tuchel melanjutkan, dirinya pun memberi kepercayaan penuh kepada Kepa Arrizabalaga. Tentu, supaya Kepa bisa kembali tampil percaya diri setelah kebobolan 11 kali di empat penampilan terakhirnya di Liga Inggris.

"Kemarin Kepa mencatatkan clean sheet di Piala FA dan sekarang di Liga Inggris. Itu bagus untuk kepercayaan dirinya dan menemukan ritmenya lagi," jelas Tuchel.

"Dengan satu keputusan (mencadangkan Mendy dan memainkan Kepa), kami memiliki dua keuntungan," tutup Tuchel.

(aff/krs)