Klopp Rayakan 2 Dekade Karier Melatih dengan Manis

Lucas Aditya - Sepakbola
Senin, 01 Mar 2021 13:30 WIB
Liverpools manager Jurgen Klopp celebrates after his team scored during the English Premier League soccer match between Tottenham Hotspur and Liverpool at the Tottenham Hotspur Stadium in London, Thursday, Jan. 28, 2021. (Nick Potts/Pool via AP)
Juergen Klopp Rayakan 20 tahun karier kepelatihan dengan manis. (Foto: AP/Nick Potts)
Jakarta -

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, sudah menjalani karier menjadi juru taktik dalam 2 dekade. Dia merayakan itu dengan manis.

Klopp menjalani debut melatih di Mainz 05. Dia direkrut Mainz 05 pada 27 Februari 2001. Laga debutnya berakhir dengan kemenangan saat membawa Mainz menang 1-0 atas Duisburg.

Pada perjalanannya, Klopp kemudian bisa menarik perhatian Borussia Dortmund. Bersama Die Borussen, Klopp mampu meraih prestasi tinggi.

Dortmund dibawa Klopp menggoyahkan dominasi Bayern Munich di Liga Jerman. Dia membawa Dortmund dua kali menjadi juara Bundesliga 1 pada musim 2010/2011 dan 2011/2012.

Selain itu, Klopp juga menyumbangkan tiga trofi lainnya dengan memenangi Piala Jerman dan dua kali menjuarai Piala Super Jerman.

Kegemilangan bersama Dortmund itu membuat Klopp direkrut Liverpool. Sejak 8 Oktober 2015, Klopp menangani The Reds.

Sudah 303 pertandingan dijalani Klopp bersama The Reds, dia meraih 179 kemenangan, 70 hasil imbang, dan 54 kali menelan kekalahan.

Gelar juara Liga Champions sudah dimenangi Klopp dengan Liverpool pada musim 2018/2019, semusim sesudahnya giliran Liga Inggris yang dimenangi.

"20 tahun lalu di hari ini, Juergen Klopp melakukan debut dalam karier manajerialnya dengan kemenangan atas MSV Duisburg. Awal dari suatu hal yang sangat besar," kata akun Mainz 05.

Bersama Liverpool musim ini, Klopp sedang kurang oke. Si Merah kini duduk di posisi keenam dengan raihan 43 poin. Liverpool sampai diragukan bakal mampu finis empat besar karena kalah empat laga beruntun sebelum menaklukkan Sheffield.



Simak Video "Klopp Tegaskan Liverpool Masih Berburu Bek"
[Gambas:Video 20detik]
(cas/nds)