Liverpool Jeblok, Klopp Enggan Salahkan Pemain

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 27 Feb 2021 19:00 WIB
LIVERPOOL, ENGLAND - FEBRUARY 20: Jurgen Klopp, Manager of Liverpool consoles Mohamed Salah of Liverpool following their teams defeat in the Premier League match between Liverpool and Everton at Anfield on February 20, 2021 in Liverpool, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Paul Ellis - Pool/Getty Images)
Juergen Klopp enggan salahkan pemain atas performa buruk Liverpool (Getty Images/Pool)
Liverpool -

Juergen Klopp pasang badan terkait performa buruk Liverpool musim ini. Menurut Klopp, itu tak sepenuhnya salah pemain The Reds.

Sebagai juara bertahan Liga Inggris, Liverpool menjalani musim 2020/2021 dengan sangat buruk. Sejak pertengahan Desember lalu. Liverpool cuma menang dua kali di liga dan kini terpuruk di posisi keenam klasemen dengan 40 poin.

Empat kekalahan beruntun yang didapat Liverpool jadi penegas betapa suramnya perjalanan liverpool. Bahkan mereka berselisih 16 poin dari Manchester City yang berlari kencang di puncak klasemen.

Ada banyak hal yang jadi penyebab Liverpool jeblok, salah satunya adalah badai cedera yang menghantam para pemain andalannya di lini belakang. Sementara, para pemain yang masih fit gagal tampil oke juga, terutama di lini serang.

Hanya Mohamed Salah yang tampil oke, sementara Sadio Mane dan Roberto Firmino di bawah standar sehingga membuat Liverpool kesulitan bikin gol.

Terkait kritik yang mengarah ke tim saat ini, Klopp tak mau memanas-manasinya. Menurut dia, Liverpool memang tampil buruk karena tanggung jawab bersama, baik pemain, pelatih, dan staf.

Klopp berharap skuat bisa belajar banyak dari performa buruk musim ini untuk bangkit musim depan.

"Kami akan mencoba tampil semaksimal mungkin musim ini, tapi kami bisa belajar banyak hal dari sini," ujar Klopp seperti dikutip Independent.

"Kami benar-benar bisa belajar banyak hal soal apa yang sudah kami lakukan dengan benar, ketika orang lain bilang itu salah, dan apa yang salah ketika orang lain tidak menyadarinya," sambungnya

"Karier sepakbola kami tentu tidak akan selesai begitu saja hanya karena periode buruk saat ini. Saya tidak mau menyalahkan para pemain atas situasi ini - saya tidak seperti itu."

"Kami semua bertanggung jawab atas performa buruk ini, terurama saya yang paling bertanggung jawab. Kini kami harus segera memecahkan masalah yang ada dan semoga saja kami bisa mengambil hikmah dari ini untuk modal ke de depannya," tutup Juergen Klopp.

(mrp/nds)