Nathan Ake Mahal, tapi Banyak Absennya

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Selasa, 02 Mar 2021 17:05 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - DECEMBER 15: Nathan Ake of Manchester City in action during the Premier League match between Manchester City and West Bromwich Albion at Etihad Stadium on December 15, 2020 in Manchester, England. The match will be played without fans, behind closed doors as a Covid-19 precaution.  (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Nathan Ake jarang main, cedera terus (Getty Images/Michael Regan)
Manchester -

Manchester City mendatangkan Nathan Ake untuk memperkaya opsi di lini belakang. Tapi, hingga saat ini, Ake malah jarang main dan sibuk di ruang perawatan.

Ake dibeli dari Bournemouth musim panas lalu dengan banderol 40 juta paun. Angka yang terbilang mahal untuk bek dari tim yang terdegradasi musim lalu.

Tapi, City memang butuh opsi banyak untuk bek tengah setelah menjual Nicolas Otamendi dan Aymeric Laporte yang baru pulih dari cedera ligamen lutut. Apalagi Ake tak cuma piawai bermain di bek tengah, tapi juga bek kiri.

Meski begitu, kenyataan tak sesuai harapan karena Ake justru lebih banyak berada di ruang pemulihan ketimbang di lapangan. Ake baru tampil sembilan kali di seluruh kompetisi dengan torehan satu gol dan kali terakhir muncul pada laga Boxing Day menghadapi Newcastle United

Ake saat ini masih dalam pemulihan cedera hamstring yang sudah membebatnya sepanjang dua bulan ini. Musim ini Ake memang lebih sering berkutat dengan cedera, yakni pangkal paha dan hamstring.

Kalaupun pulih, Ake akan sulit masuk ke tim utama karena duet John Stones dan Ruben Dias lagi mantap-mantapnya. Laporte saja sekarang harus jadi pilihan ketiga dan itu artinya Ake jadi pilihan keempat.

Meski kondisi Nathan Ake tidak bagus, Pep Guardiola masih menganggapnya sebagai bagian penting dari tim. Bek asal Belanda itu disebut akan mulai berlatih lagi pekan ini dan kemungkinan baru bisa masuk skuat pekan depan.

"Dia akan mulai latihan lagi besok sebelum pertandingan," ujar Guardiola di Manchester Evening News.

"Dia sudah kembali. Sudah lama absen. Dia kesulitan dalam proses pemulihannya. Prosesnya lebih lambat dari perkiraan kami," sambungnya,

"Beberapa pemain memang seperti ini. Dia sudah berupaya maksimal, fisioterapis juga bekerja sangat keras, tapi kami senang dia sudah bekerja keras memulihkan kondisinya."

"Bakal ada sesi latihan setelah pertandingan (kontra Wolverhampton), dan dia akan gabung dengan kami," tutup Guardiola.

(mrp/krs)