Tanpa VAR, Liverpool Akan Ada di Posisi...

Mohammad Resha Pratama - Sepakbola
Sabtu, 06 Mar 2021 20:35 WIB
Liverpools players stand at the end of the English Premier League soccer match between Liverpool and Chelsea at Anfield stadium in Liverpool, England, Thursday, March 4, 2021. Chelsea won 1-0. (Laurence Griffiths, Pool via AP)
Posisi Liverpool di klasemen Liga Inggris lebih baik tanpa VAR (AP/Laurence Griffiths)
Liverpool -

Liverpool katanya sering dirugikan VAR di musim ini. Ada statistik menguatkan klaim tersebut kalau posisi The Reds bisa lebih baik tanpa VAR.

Liverpool lagi jeblok musim ini. Setelah menjuarai Liga Inggris musim lalu dan sempat berada di posisi pertama klasemen saat Natal, Liverpool terjun bebas.

Hanya meraih tiga kemenangan setelah Boxing Day, Liverpool kini terjerembab di posisi ketujuh klasemen dengan 43 poin. Ada empat poin yang membedakan dengan Chelsea di urutan keempat.

Kondisi ini jelas mengancam peluang LIverpool untuk tampil di Liga Champions musim depan. Tak cuma persoalan badai cedera, penurunan performa para pemain dianggap jadi biang keladinya.

Pasalnya Liverpool sudah lima pertandingan kandang terakhirnya selalu kalah! Meski ada juga yang membela performa buruk itu tak lepas dari kepemimpinan wasit di laga-laga tersebut, khususnya soal VAR.

Saat dikalahkan 0-1 oleh Chelsea, Liverpool sejatinya bisa mendapat penalti saat bola operan Roberto Firmino di awal babak kedua mengenai tangan N'Golo Kante. Sayang, VAR tidak menyatakan itu sebagai pelanggaran.

Liverpool dinilai jadi salah satu tim yang paling dirugikan VAR musim ini jika menilik pada data November lalu (klik link berikut ini). Meski di antara tim Big Six, Liverpool lima kali diuntungkan oleh VAR.

Tapi, menurut studi Givemesport, dari klasemen terkini jika VAR ditiadakan, maka Liverpool berada dua posisi lebih baik dari saat ini, yakni urutan kelima, dan punya dua poin lebih banyak, yakni 45 poin.

Liverpool cuma berselisih satu poin dengan Leicester City di posisi keempat yang justru mengalami pengurangan empat poin dan satu posisi. Sementara, Chelsea meski naik ke posisi ketiga, poinnya berkurang satu.

Liverpool's players stand at the end of the English Premier League soccer match between Liverpool and Chelsea at Anfield stadium in Liverpool, England, Thursday, March 4, 2021. Chelsea won 1-0. (Laurence Griffiths, Pool via AP)Klasemen Liga Inggris tanpa VAR Foto: AP/Laurence Griffiths

Tottenham Hotspur tanpa VAR bakal punya posisi lebih baik dua anak tangga ketimbang sekarang, di urutan keenam dan satu poin lebih banyak.

Hanya Manchester City dan Manchester United yang tidak mengalami perubahan poin dan posisi ketika VAR ditiadakan. Tim paling diuntungkan VAR sejauh ini boleh jadi adalah West Ham United.

Sebab tanpa VAR, West Ham akan kehilangan enam poin dan turun tiga peringkat ke urutan sembilan saat ini. Di papan bawah ada Brighton yang bakal punya empat poin lebih banyak dan dua posisi lebih baik.

Apakah Anda setuju?

(mrp/cas)