Southgate Tuntun Lingard Bangkit dari Keterpurukan

Putra Rusdi K - Sepakbola
Jumat, 26 Mar 2021 02:05 WIB
LONDON, ENGLAND - MARCH 21: Jesse Lingard of West Ham United celebrates after scoring their sides first goal during the Premier League match between West Ham United and Arsenal at London Stadium on March 21, 2021 in London, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors.  (Photo by Justin Tallis - Pool/Getty Images)
Gareth Southgate punya peran besar di balik kebangkitan Jesse Lingard (Foto: (Getty Images/Pool)
London -

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate berperan besar atas kebangkitan Jesse Lingard. Ia memberi masukan saat Lingard ingin hengkang dari Manchester United.

Karier Lingard bersama MU mandek dalam satu tahun terakhir. Ia hanya membuat satu gol dan tak sekali pun membuat assist untuk Setan Merah di Liga Inggris dalam rentang 2019-2020.

Tak berkembang bersama MU, pemain 28 tahun ini memutuskan pindah ke West Ham United pada Januari lalu dengan status pinjaman. Keputusan ini kemudian mengubah nasib Lingard 180 derajat.

Ia tampil menawan bersama tim besutan David Moyes dengan mengemas lima gol dan tiga assist hanya dalam tujuh laga. Berkat hal ini, pelatih timnas Inggris Gareth Southgate memanggilnya kembali ke timnas Inggris setelah terakhir kali pada Juni 2019.

Southgate membawa Lingard kembali berseragam Tiga Singa setelah berhasil menuntun pemain kelahiran Warington ini bangkit dari keterpurukan. Pria 50 tahun ini menyarankan Lingard untuk tetap bertahan di Liga Inggris saat ingin hengkang dari MU hingga kemudian memilih West Ham.

Lingard punya kedekatan Southgate karena keduanya sudah bekerja bersama sejak di timnas U-21. Southgate pula yang memberi debut Lingard di timnas senior Inggris saat laga kontra Malta pada Oktober 2016.

"Gareth telah menunjukkan banyak dukungan dan kepercayaan kepada saya. Dia adalah orang yang memberi saya debut di Inggris Saya masih terus berhubungan bak dengannya. Meski saya jarang bermain, dia tetap memberi saya masukan apa yang harus dilakukan," ujar Lingard dikutip dari Daily Mail.

"Soal masa pinjaman yang krusial) Ini benar-benar langkah yang tepat. Apakah itu tentang pergi ke Eropa atau bertahan di Liga Inggris? dia lalu berkata: "Jika saya jadi Anda, saya akan tetap di Liga Inggris."

"Setelah itu, saya harus menemukan tim Liga Inggris yang lain. Lalu, jelas West Ham sangat cocok."

"Kami terus berbincang dan kemudian peminjaman terjadi. Setelah itu saya tak lagi bicara dengannya. Ini semua soal kerja keras di West Ham dan kemudian mendapat panggilan kembali ke timnas," jelasnya.



Simak Video "Mantap! Penjualan Kaos MU CR7 Pecahkan Rekor, Kalahkan Messi"
[Gambas:Video 20detik]
(pur/ran)