Donny van de Beek 'Magang' Dulu di MU

Kris Fathoni W - Sepakbola
Selasa, 30 Mar 2021 13:30 WIB
MANCHESTER, ENGLAND - NOVEMBER 24: Donny Van De Beek of Manchester United reacts during the UEFA Champions League Group H stage match between Manchester United and ─░stanbul Basaksehir at Old Trafford on November 24, 2020 in Manchester, England. Sporting stadiums around the UK remain under strict restrictions due to the Coronavirus Pandemic as Government social distancing laws prohibit fans inside venues resulting in games being played behind closed doors. (Photo by Michael Regan/Getty Images)
Donny van de Beek 'Magang' Dulu di MU. (Foto: Getty Images/Michael Regan)
Jakarta -

Donny van de Beek masih menjalani masa-masa sulit di Manchester United, sejak bergabung dari Ajax musim panas lalu. Ada yang menganggap wajar kalau Van de Beek jadi anak 'magang' dulu di MU.

Hal itu dikatakan oleh Bryan Roy, yang semasa bermain pernah membela Ajax dalam tak kurang dari 126 laga kompetisi Liga Belanda dalam periode 1987-1992. Roy juga pernah masuk jajaran staf pelatih akademi Ajax.

Menurut pria 51 tahun tersebut kesulitan yang dialami oleh Donny van de Beek di Manchester United, dengan baru tampil dalam 311 menit partai Premier League, bukanlah hal mengejutkan.

"Itu sudah dapat diterka sebelumnya. Manchester United berisikan banyak pemain-pemain top pada posisi yang sama seperti dirinya. Ia bisa main, atau Pogba," kata Roy kepada Tutto Juve, seperti dilansir Mirror.

Bukan cuma Paul Pogba, Donny van de Beek tampaknya juga masih kalah bersaing dengan pemain Man United lain seperti Scott McTominay dan Fred. Masih ada pula nama Nemanja Matic yang menempati posisi serupa di lini tengah Setan Merah.

Namun, Bryan Roy menegaskan bahwa musim ini belum bisa jadi tolok ukur mengenai sukses atau tidaknya karier Donny van de Beek bersama Man United. Ia mengistilahkan bahwa ini baru menjadi masa 'magang' gelandang internasional Belanda tersebut.

"Marilah kita jangan terlebih dahulu membicarakan soal kekecewaan atau kegagalan. Untuk seorang pemain muda seperti Donny, masih bisa ada waktu satu tahun untuk masa magang," tuturnya.

Juventus sendiri digadang-gadang sebagai salah satu klub potensial jika akhirnya Donny van de Beek angkat kaki dari Manchester United. Tapi Roy sekali lagi menegaskan bahwa Van de Beek masih butuh waktu di MU.

"Tentu saja saya menganggap ia akan tampil oke di Juve. Ia bisa main di klub besar Eropa yang mana saja, tapi saat ini ia masih harus sedikit bersabar. Waktu yang tepat akan datang."

(krs/aff)